Sukses

6 Makanan & Minuman Pemicu Migrain

Salah satu penyebab utama migrain berasal dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Dan berikut 6 diantaranya yang sering kita temui.

Klikdokter.com – Salah satu penyebab utama migrain berasal dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jika Anda tidak menjaga asupan nutrisi sehari-hari, sakit kepala bisa kambuh dan mengganggu produktivitas. Nah, untuk menghindari migrain, sebaiknya Anda menjauhi makanan dan minuman berikut ini:  

1. Cokelat

Sebuah penelitian yang dipresentasikan di International Headache Society menyatakan bahwa kandungan kakao sebenarnya dapat melindungi sel-sel saraf yang menyebabkan migrain. Akan tetapi, 22% penderita migrain mengidentifikasi cokelat sebagai salah satu faktor pencetus.  

2. Anggur merah

Sulfit yang digunakan sebagai pengawet dalam anggur merah dapat memicu migrain. Namun pada dasarnya, alkohol dalam minuman apa pun dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak serta dehidrasi.

3. Kopi

Sedikit kafein dapat membantu menyingkirkan sakit kepala, tapi terlalu banyak kafein bisa menimbulkan migrain.

Berikut beberapa makanan dan minuman lainnya yang memicu migrain:

1 dari 2 halaman

Makanan dan Minuman Pencetus MIgrain Lainnya

Neuralgin Rhema

migren, migrain, sakit, pusing, 4. MSG

Monosodium glutamat (MSG) atau vetsin adalah zat kimia yang sering digunakan untuk meningkatkan rasa dan paling sering ditemukan dalam beberapa kudapan asin. Senyawa ini juga dapat mengakibatkan migrain.

5. Keju

Tidak banyak penelitian tentang keju sebagai pemicu migrain, tapi para ahli percaya bahwa keju tua lebih cenderung menimbulkan sakit kepala. Biang keroknya mungkin adalah zat tyramine yang terbentuk sebagai protein dalam keju. Semakin lama usia keju, semakin banyak tyramine yang terkandung. Supaya aman, hindarilah keju Swiss, cheddar, gouda, dan parmesan.

6. Daging olahan

Belum ada penelitian terpercaya yang menunjukkan bahwa daging olahan bisa menyebabkan sakit kepala. Tetapi nitrat dan nitrit yang digunakan sebagai pengawet dalam hot dog dan bacon dapat melebarkan pembuluh darah dan memicu migrain pada beberapa orang. 

0 Komentar

Belum ada komentar