Kesehatan Umum

Inilah Arti Dari Gejala Nyeri Dada Anda

dr. Adithia Kwee, 12 Feb 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Padahal tidak semua nyeri dada itu langsung berkaitan dengan sakit jantung. Ada yang merupakan gejala penyakit lainnya. Gimana membedakannya? Simak penjelasan dr. Adithia Kwee disini.

Inilah Arti Dari Gejala Nyeri Dada Anda

KlikDokter.com - Pernahkah Anda mengalami nyeri dada? Rasa nyeri pada dada secara umum selalu dikaitkan dengan sakit jantung, padahal tidak semuanya demikian, bagaimana membedakannya? Mari kita telaah lebih jauh.

Di dalam rongga dada manusia terdapat jantung, paru-paru, juga otot-otot pernafasan manusia, melalui hal ini kita dapat menyimpulkan nyeri dada dapat timbul sebagai akibat gangguan pada beberapa organ tubuh yang baru saja disebutkan.

Setiap nyeri dada yang ditimbulkan akibat organ-organ tersebut biasanya muncul dengan memiliki karakter sendiri-sendiri.

Bagaimana caranya menentukan nyeri dada yang diakibatkan gangguan jantung? Apa bedanya nyeri dada yang diakibatkan masalah lambung? Bagaimana nyeri dada yang diakibatkan oleh masalah paru-paru?

Berikut ini penjelasannya:

Nyeri Dada Karena Gangguan Jantung:

Nyeri dada yang menandakan adanya gangguan pada jantung biasanya dirasakan sebagai sensasi tertindih beban berat, berlokasi di belakang tulang dada dan seringkali menjalar ke lengan kiri, bahu, rahang, gigi, hingga lengan kanan.

Rasa nyeri ini dapat dirasakan 10 hingga 20 menit, semakin lama nyeri tidak teratasi maka kerusakan pada jantung akan semakin berat, karena itu ketika Anda berada di sekitar orang yang mengalami nyeri jenis ini, segera bawa ke UGD rumah sakit terdekat. Dan bagi Anda yang sudah pernah mengalami sebelumnya, sebaiknya Anda sediakan obat nitrat di dompet Anda sehingga kapanpun Anda mengalami nyeri ini, Anda dapat langsung memakan obat.

Berikut ini penjelasan nyeri dada yang diakibatkan masalah lambung:

Nyeri Dada Akibat Masalah Lambung:

Jenis nyeri yang lain, nyeri dada yang disertai dengan rasa mual juga perih pada bagian atas perut, seringkali penderita nyeri dada ini sesekali mengalami muntah. Nyeri jenis ini mengarah kepada masalah pada lambung Anda, misalnya Anda penderita maag.

Durasi dari nyeri dada ini tergantung dari penanganannya, jika Anda dengan sigap meminum antacid, atau meredakan gejala Anda dengan makan, maka nyeri pun akan berangsur angsur hilang.

Berikut ini karakter nyeri dada yang diakibatkan masalah paru-paru:

Nyeri Dada Akibat Masalah Paru-paru:

Nyeri dada juga dapat menandakan masalah pada paru-paru Anda, terutama jika nyeri dada ini Anda rasakan hanya ketika Anda batuk, maka kemungkinan besar ada peradangan pada selaput paru yang membuat Anda merasakan nyeri saat batuk. Untuk mengatasi nyeri jenis ini maka harus dicari tahu dulu penyebab dari terganggunya paru-paru Anda. Ketika masalah paru ini berhasil diatasi, maka nyeri juga akan ikut hilang.

Nyeri lainnya dapat disebabkan spasme dari otot pernafasan, yang biasanya timbul saat Anda melakukan pergerakan namun hilang saat Anda tidak melakukan apa-apa, nyeri jenis ini tidak perlu diobati karena akan hilang dengan sendirinya.

Jadi sekali lagi kenalilah nyeri dada Anda dengan seksama, supaya penanganannya pun akan tepat sasaran! 

sakitnyeridadaGaya Hidup Sehat Bebas Nyeri

Konsultasi Dokter Terkait