Sukses

Hindari Minuman Ini Agar Gigi Tetap Kuat!

Anda mesti berhati-hati terhadap minuman yang Anda konsumsi. Berikut ini empat jenis minuman yang bisa mengurangi keindahan gigi Anda. Selengkapnya.

KlikDokter.com – Kesehatan gigi dapat terjaga dengan asupan makanan atau minuman yang tepat. Misalnya, untuk mencegah gigi busuk Anda harus mengurangi konsumsi gula yang berlebihan. Tak hanya itu, Anda juga mesti berhati-hati terhadap minuman yang Anda konsumsi. Berikut ini empat jenis minuman yang bisa mengurangi keindahan gigi Anda: 

1. Kopi

Meskipun sarat akan antioksidan, kopi juga punya warna pekat yang bisa menempel serta meninggalkan noda pada gigi. Warna gigi rentan berubah dan sulit sekali dihilangkan dengan pasta gigi saja.

2. Jus asam

Menurut hasil studi para ilmuwan dari Eastman Institute for Oral Health, University of Rochester Medical Centre di New York, beberapa jenis jus yang bersifat asam bisa mengikis lapisan pelindung gigi hingga 84%. Gigi pun lebih mudah mengalami erosi.

3. Soda

Kebanyakan diet soda mengandung asam fosfat, yang digunakan untuk menambah rasa. Asam fosfat dapat mengikis email pelindung pada gigi dan membuka jalan bagi pembusukan gigi.

4. Alkohol

Alkohol buruk bagi gigi karena mampu menurunkan produksi air liur. Tentu ini membahayakan kesehatan gigi Anda. Air liur berfungsi untuk membersihkan partikel-partikel makanan dan menetralisir kondisi asam pada mulut. Oleh karena itu, produksi air liur yang menurun akan merusak gigi.

Jika Anda sering mengonsumsi minuman diatas, Anda bisa mengalami risiko gigi sensitif karena minuman tersebut dapat merusak lapisan email gigi. 

1 dari 2 halaman

Tips Merawat Gigi

Jika Anda sering mengonsumsi minuman diatas, Anda bisa mengalami risiko gigi sensitif karena minuman tersebut dapat merusak lapisan email gigi. Gigi sensitif ditandai dengan mengalami rasa ngilu di gigi setelah makan makanan asam, manis, atau panas atau minum air dingin. Akibat gigi sensitif, makan dan minum jadi tidak enak karena timbul rasa ngilu yang sedang hingga menusuk. Bahkan di beberapa kondisi, sekadar menarik napas dari mulut pun bisa menimbulkan sensasi ngilu.

Anda bisa menghindari dan merawat gigi sensitif sekaligus mencegah kerusakan yang lebih lanjut dengan melakukan beberapa kiat berikut ini:

  1. Mengurangi dan menghindari minuman tersebut.
  2. Gunakanlah sikat gigi dengan ujung kepala kecil, membulat serta berbulu lembut, sikatlah gigi dari arah gusi ke gigi dengan tekanan ringan agar tidak menyebabkan  penurunan gusi dan gigi sensitif.
  3. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, kandungan dalam pasta gigi ini seperti  hydroxyapatite (HAP),potassium citrate, dan sodiummonofluorophospate dapat membantu mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik dan mengoptimalkan proses remineralisasi pada gigi.[](ADV)

0 Komentar

Belum ada komentar