Sukses

3 Langkah untuk Mengurangi Flek Pada Wajah

Flek memang sangat mengganggu. Tapi jangan dibawa risau, karena berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi flek pada wajah.

Klikdokter.com – Flek hitam dapat muncul pada semua jenis kulit. Pemicunya antara lain adalah perubahan hormonal, paparan sinar matahari yang berlebihan, faktor genetika, dan lain-lain. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi  flek pada wajah:

Langkah 1

Bersihkan wajah di pagi hari dan sebelum tidur untuk membersihkan kulit dari riasan, kotoran, dan minyak. Ketiga unsur tersebut dapat menyumbat pori-pori, serta membuat flek hitam terlihat lebih buruk. Untuk kulit kering, gunakan pembersih berbasis krim. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi, pilihlah pembersih berbasis gel yang mengandung asam salisilat, laktat, atau asam glikolat. Jika kulit Anda normal, pilihlah pembersih yang dirancang untuk semua jenis kulit. 

1 dari 3 halaman

Langkah Lainnya Mengatasi Flek Di Wajah

H2 Health & Happiness

kulit, wajah,Langkah 2

Carilah serum perawatan kulit yang mengandung retinol, asam glikolat, vitamin C, atau asam kojic. Vitamin C, asam kojic, dan retinol berfungsi untuk menghambat reaksi yang menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah. Sementara itu, asam glikolat dapat meningkatkan pergantian sel dan menghilangkan kelebihan melanin pada lapisan epidermis.

Langkah 3

Anda bisa menggunakan krim yang mengandung hydroquinone jika obat lainnya tidak bekerja. Hydroquinone bekerja dengan mengontrol produksi melanin. Oleskan dua kali sehari pada kulit yang bersih, kemudian bilas dengan air hangat. Biasanya produk-produk ini bekerja secara perlahan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep hydroquinone yang lebih kuat.

Langkah 4

Jika hydroquione tidak bekerja sama sekali, tanyakan kepada dokter mengenai terapi laser. Terapi laser terbukti efektif dalam mengatasi beberapa kelainan pigmen, kendati angka keberhasilan setiap individu sangat bervariasi.

Mengenai hydroquinone, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui, berikut penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Peringatan

H2 Health & Happiness

Hydroquinone bisa membuat iritasi pada kulit. Jika Anda mengalami gatal yang parah, bengkak serta terbakar, segera hentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter.

Untuk mengurangi flek, Anda pun tidak boleh lupa menggunakan tabir surya. Aplikasikan pada wajah setiap hari untuk membantu mencegah timbulnya bintik hitam akibat sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen penunjang kulit yang tepat. Pilihlah yang mengandung hytolive, l-cystein dan vitamin C. Ketiga kombinasi tersebut telah terbukti secara klinis dapat mencerahkan dan mengurangi flek hitam pada kulit mulai dari 2 minggu sejak pemakaian.

0 Komentar

Belum ada komentar