Diet dan Nutrisi

6 Khasiat Astaxanthin untuk Tubuh, Lebih Hebat dari Vitamin C!

dr. Valda Garcia, 13 Feb 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Astaxanthin adalah antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat astaxanthin? Simak berbagai khasiat astaxanthin di sini.

6 Khasiat Astaxanthin untuk Tubuh, Lebih Hebat dari Vitamin C!

Astaxanthin adalah karotenoid yang memiliki sifat antioksidan luar biasa dan penting untuk kesehatan. Astaxanthin dapat ditemukan pada alga, salmon, lobster, dan lain-lain.

Dalam kerajaan hewan, astaxanthin ditemukan dalam konsentrasi tertinggi pada otot salmon. Inilah yang menjadi sumber kekuatan dan daya tahan salmon untuk berenang melawan arus sungai dan air terjun selama berhari-hari.

Bagi manusia, astaxanthin adalah antioksidan kuat dengan implikasi kesehatan yang luas dan tidak seperti antioksidan lainnya, seperti beta karoten, zeaxanthin, vitamin E, C, D dan selenium, astaxanthin tidak menimbulkan efek pro-oksidan pada tubuh.

Berikut adalah manfaat astaxanthin dan alasan mengapa kamu perlu mengonsumsinya setiap hari: 

1. Meringankan Nyeri

Manfaat astaxanthin untuk kesehatan yang pertama adalah mampu memblokir bahan kimia berbeda dalam tubuh yang membuat seseorang kesakitan. 

Meski 100 persen alami, astaxanthin bekerja seperti beberapa resep analgesik, tetapi tanpa risiko kecanduan atau mulas.

2. Membantu Mengatasi Peradangan

Kelebihan astaxanthin sebagai antioksidan yaitu berperan dalam melawan berbagai radikal bebas yang dapat masuk ke dalam tubuh dan meningkatkan risiko peradangan.

Peradangan dapat terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk kulit dan bisa meningkatkan risiko penuaan dini.

3. Mengatasi Kelelahan

Kegunaan astaxanthin lainnya yaitu mengatasi kelelahan akibat olahraga, baik untuk pemulihan otot, dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

4. Mendukung Kesehatan Mata

Sebuah uji klinis telah menunjukkan bahwa astaxanthin dapat membantu mengatasi retinopati diabetik, degenerasi makula, serta ketegangan mata.

5. Membersihkan Sel Tubuh

Molekul lipofilik dan hidrofilik yang ada pada astaxanthin memungkinkannya untuk menjangkau seluruh sel dan membersihkan sel-sel di tubuh. 

6. Membuat Kulit Halus dan Lembap

Apakah ada manfaat astaxanthin untuk kulit? Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa astaxanthin berpotensi meningkatkan kelembapan kulit, kehalusan, dan elastisitas sehingga terhindar dari keriput halus dan bintik-bintik.

Artikel Lainnya: Daftar Buah Tinggi Antioksidan yang Baik bagi Kesehatan

Itulah berbagai kelebihan astaxanthin dibandingkan antioksidan lain. Meski astaxanthin memberikan banyak manfaat, tetap penting untuk menjaga pola makan dengan gizi seimbang. 

Selain itu, imbangi juga dengan rutin berolahraga agar dapat menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh sebagai cara #JagaSehatmu. 

Jika ingin berkonsultasi dengan dokter seputar asupan antioksidan yang tepat sesuai kondisi tubuhmu, kamu dapat memanfaatkan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. 

(DA/NM) 




kulitsehatvitamincantikSegar You Are What You EatAntaxanthin

Konsultasi Dokter Terkait