Sukses

Bolehkah Memberikan Yogurt ke Anak Berusia Dibawah 1 Tahun?

Beberapa dokter gizi menganjurkan pemberian yogurt pada usia 9 bulan hingga 1 tahun. Dibalik gizinya, kenapa perlu menunggu usia tersebut? Berikut penjelasannya dari dr. Dyah Novita Anggraini disini.

KlikDokter.com - Pemberian yogurt pada anak dibawah usia 1 tahun memang masih menjadi pertanyaan di masyarakat. Beberapa dokter gizi memberikan rekomendasi untuk pemberian yogurt mulai usia 9 bulan – 1 tahun.

Yogurt merupakan sumber kalsium, protein, vitamin B6, vitamin B12, vitamin K, niasin, asam laktat dan asam folat.

Pada beberapa penelitian menerangkan bahwa yogurt dapat dicerna oleh anak dengan riwayat alergi susu dikarenakan adanya proses fermentasi susu maka beberapa protein yang dihasilkan dapat dicerna oleh tubuh. Enzim yang dihasilkan dari kultur fermentasi dapat mencerna sebagian protein susu kasein, sehingga lebih mudah untuk diserap tubuh dan mengurangi sifat alergi.

Begitu juga dengan anak yang memiliki gangguan intoleransi laktosa karena ketidakmampuan sistem pencernaannya dalam membentuk enzim laktase (enzim pada usus) yang berfungsi untuk mencerma laktosa didalam susu, namun asupan yogurt meskipun merupakan produk olahan susu dinyatakan tidak menjadi masalah karena bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus, di dalam yogurt menghasilkan enzim laktase sehingga yogurt dapat dicerna oleh penderita intolerasi laktosa.

Namun demikian ada beberapa hal yang menjadikan pemberian yogurt untuk anak tidak disarankan, beberapa diantaranya adalah:

1 dari 2 halaman

Beberapa Hal yang Wajib Diperhatikan untuk Anak Dibawah 1 Tahun Ketika Memberikan Yogurt:

anak, kasih, yoghurt, aman, bahaya, sakitNamun sangat tidak disarankan untuk diberikan yoghurt, jika anak Anda memiliki riwayat alergi susu sapi dan gangguan intoleransi laktosa sebelum mengkonsumsi yogurt ada baiknya jika mengkonsultasikannya dengan dokter anak Anda terlebih dahulu. Karena masing-masing anak memiliki reaksi yang berbeda-beda, ada yang dapat mentolerir namun ada juga yang tidak dapat lalu muncul reaksi alerginya.

Yang harus diperhatikan sebelum memberikan yogurt kepada anak, antara lain :

  • Apakah terdapat riwayat alergi di dalam keluarga, atau keadaan khusus seperti asma, alergi makanan atau dermatitis atopi. Jika memiliki salah satu dari riwayat tersebut maka sebaiknya Anda menunda pemberian yogurt sampa anak berusia 1 tahun ke atas.
  • Kandungannya, yogurt yang dianjurkan adalah yogurt tawar (tanpa ras) atau yang memiliki kandungan susu berkadar lemak tinggi.
  • Jika yogurt yang Anda dapatkan memiliki rasa, perhatikan pada label kemasannya berapa banyak gula didalamnya dan apakah terdapat perasa buatan seperti fruktosa didalamnya.
  • Jangan membeli yogurt dengan tambahan zat pewarna buatan

Yogurt memiliki banyak manfaat antara lain:

  • Meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu mengatasi diare dan sembelit pada anak.

0 Komentar

Belum ada komentar