Sukses

Memutihkan Gigi Sendiri di Rumah

Bleaching adalah metode memutihkan gigi yang sangat populer, selain dalam prakteknya lebih sederhana biayanya juga relatif lebih murah dibandingkan yang lain. Namun bisakah dilakukan di rumah? Simak penjelasan disini bersama drg. Arni Maharani.

Klikdokter.com - Memutihkan gigi yang telah mengalami perubahan warna dapat dilakukan dengan beberapa prosedur medis kedokteran gigi yaitu bleaching, veneers dan crown. Dari masing-masing prosedur tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya. Bleaching adalah metode memutihkan gigi yang sangat populer, selain dalam prakteknya lebih sederhana biayanya juga relatif lebih murah dibandingkan yang lain.

Bleaching Gigi

Memutihkan gigi yang vital atau gigi yang masih sehat dapat dilakukan dibawah pengawasan dokter gigi dengan dua cara yaitu In office dan home bleaching. Perbedaan kedua metode tersebut adalah  terletak pada proses dan jenis bahan yang digunakan dan pelaksanaannya. Pada in office proses bleaching dilakukan di klinik dokter gigi dan bahan yang digunakan adalah hidrogen peroksida dengan konsentrasi tinggi  yaitu 30-35%, dengan cara ini gigi dapat diputihkan dengan cepat dan terkontrol oleh dokter gigi, sedangkan pada home bleaching proses bleaching dapat dilakukan sendiri oleh pasien dengan menggunakan bahan karbamid peroksida 10-15% namun tetap dalam pengawasan dokter gigi.

Bisakah memutihkan gigi di rumah? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Memutihkan Gigi di Rumah

gigi putih

Metode home bleaching yang dapat dilakukan pasien dirumah dan dalam pengawasan dokter gigi merupakan metode memutihkan gigi yang ekonomis, sederhana, hasilnya cukup baik dengan tingkat keberhasilannya juga cukup tinggi. Keberhasilannya ditentukan oleh lamanya kontak dari bahan bleaching dengan gigi dan konsentrasi bahan.

Dalam melakukannya pasien harus paham betul bagaimana cara melakukannya sendiri serta hasil akhir yang bisa didapatkan, selain itu pasien juga harus mengetahui efek samping yang mungkin terjadi walaupun dalam perawatan ini efek sampingnya minimal dan biasanya kalaupun terjadi diakibatkan oleh alat tray yang tidak akurat.

Hasil akhir akan terlihat dalam waktu 5-6 minggu dan baru terlihat pada minggu ke 2-3. Ketahanan warna gigi yang didapat bisa bertahan antara 1 -3 tahun bergantung dari kondisi pasien serta dapat dilakukan perawatan ulang.  Bila anda ingin melakukan metode ini tentu saja sebaiknya berkonsultasi dahulu kedokter gigi karena walaupun metode ini dapat dilakukan sendiri dirumah tetapi harus dalam pengawasan dokter gigi. 

2 dari 3 halaman

Memutihkan Gigi Alami di Rumah Tanpa Dokter

Nah, jika dua metode diatas memerlukan dokter gigi untuk melakukannya, metode berikut ini adalah cara yang paling aman meskipun tanpa kehadiran dokter gigi. Anda dapat menjaga kebersihan rongga mulut dengan menggosok gigi dengan cara yang dianjurkan oleh dokter gigi dan dilakukan pada waktu yang tepat, yaitu dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Selain itu hindari makanan dan dapat minuman yang mengandung asam dan berwarna yang dapat membuat warna alami gigi Anda berubah.

Pastikan pula Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung Micro-Granules, yang dapat membersihkan permukaan gigi hingga sela-sela gigi yang sulit dijangkau serta mengandungHydrated Silica yang memiliki sifat anti noda pada gigi sehingga membantu mengembalikan warna gigi putih secara alami. Jangan lupa, kunjungi dokter gigi secara rutin, paling tidak satu kali dalam enam bulan, untuk memastikan gigi Anda tetap bersih, sehat dan kuat.

1 Komentar

  • golun

    halo dok, maaf numpang tanya kalau veneers, crown dan bleaching termasuk dalam KIS (BPJS)? kalau nggak, berapa kisaran harga untuk pelayan tersebut? sekian dan terimakasih.