Sukses

5 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin HPV

Human Papilloma Virus (HPV) adalah sebuah virus yang berbahaya dan dapat kapan saja mmenginfeksi Anda. Hal yang paling menyeramkan adalah bahwa bila sesorang terinfeksi HPV maka tidak ada gejala. Tapi untungnya sudah ada vaksin anti HPV. Yuk simak bersama

Klikdokter.com - HPV (Human Papilloma Virus) merupakan suatu jenis virus yang ditularkan melalui kontak seksual. Saat berhubungan seksual atau oral seks, HPV akan tertular melalui genital, mulut, dan tenggorokan yang akan menyebabkan infeksi. HPV yang dapat ditularkan ada 40 jenis virus.

Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kutil pada kelamin. Jenis lain dapat menyebabkan kanker. Selain kanker serviks, HPV dapat menyebabkan kanker pada vulva, vagina, penis, anus, kepala dan leher.

Hal yang paling menyeramkan adalah bahwa bila sesorang terinfeksi HPV maka tidak ada gejala.

Apakah kita mutlak memerlukan vaksin HPV? Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 6 halaman

1. Apakah Saya Perlu mendapatkan Vaksin?

vaksin hpv kapanVaksin HPV merupakan vaksin yang sangat penting untuk wanita agar mencegah terjadinya kanker serviks, dimana kanker ini membunuh 4,000 wanita di Amerika setiap tahunnya. (Baca: Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim)

Ada dua jenis vaksin yang beredar, satu vaksin dapat melindungi terhadap 4 virus, vaksin satu lagi hanya dapat melindungi terhadap 2 jenis virus.  Kedua jenis vaksin melindungi terhadap beberapa jenis infkesi HPV. 

Jadi kapan saya sebaiknya mendapatkan vaksinasi?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 6 halaman

2. Kapan Saya Sebaiknya Mendapatkan Vaksinasi HPV?

kapan vaksinSaat yang paling tepat untuk mendapatkan vaksin adalah sebelum usia memulai aktifitas seksual.

CDC (Central of Disease Control & Prevention, Amerika Serikat) merekomendasikan wanita mendapatkan vaksin di usia 11 atau 12 tahun.

CDC juga merekomendasikan agar laki-laki di usia 13 hingga 21 tahun untuk mendapatkan vaksin.

Lalu jika saya berusia diatas 26 tahun, apakah masih perlu divaksin? Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 6 halaman

3. Jika Saya Diatas Usia 26 tahun, Apakah Masih Perlu Divaksin?

usia vaksin hpvVaksin HPV tidak direkomendasikan untuk orang-orang di usia 26 tahun, karena belum diteliti benar apakah efektif atau tidak.

Namun nanti kedepannya B-POM Amerika Serikat, FDA (Food & Disease Association, Amerika Serikat) akan mengeluarkan rekomendasi untuk vaksin di usia tersebut.

Berapa kali  suntikan yang saya butuhkan?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

4 dari 6 halaman

4. Berapa Kali Suntikan yang Saya Butuhkan?

vaksin HPV Anda akan mendapat 3 kali vaksin selama 6 bulan. Anda membutuhkan 3 kali suntik ini agar terlindungi dari HPV.  

Suntikan kedua dilakukan 2 bulan setelah suntikan pertama.

Sementara suntikan ketiga dilakukan 6 bulan setelah suntikan pertama atau 4 bulan setelah suntikan keempat.

Jika saya sudah terkena HPV, apakah vaksin dapat membantu?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

5 dari 6 halaman

5. Bila Anda Sudah Terinfeksi HPV, Apakah Vaksin Dapat Menyembuhkan?

Tidak. Bila Anda sudah terinfeksi HPV maka vaksin tidak dapat menyembuhkan infeksi. Namun bila Anda terinfeksi oleh Janis infeksi HPV lain maka Anda dapat terlindungi. Oleh sebab ini sangat penting bagi wanita yang aktif secara seksual untuk regular melakukan pemeriksaan Pap-Smear.

Baca juga:

2 Komentar

  • meytisaclarrisa

    dokter sy mau bertanya.. di bagian leher vagina sy terdapat sesuatu yg sy tidak tau ala namanya, tapi kata teman2 sy itu adalah kutil , ad juga yg mengatakan sifilis, sblm kutil ini ada, vagina sy terasa gatal yg sangat gatal, lalu jelang 2 mggu, tiba2 seperti ada benjolan kecil2 yg muncul lumayan banyak di bagian leher vagina.. jenis penyakit apa itu dok? terima kasih

  • ro5174

    Dokter.. saya mau bertanya. apakah virus HPV boleh hilang sendiri tidak dan jika sudah berkena penyakit kondiloma akuminata di suntik vaksin anti HPV benjolan di kutil kelamin bisa hilang atau tidak ? terima kasih