Kanker

5 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin HPV

dr. Dewi Ema Anindia, 30 Des 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Human Papilloma Virus (HPV) adalah sebuah virus yang berbahaya dan dapat kapan saja mmenginfeksi Anda. Hal yang paling menyeramkan adalah bahwa bila sesorang terinfeksi HPV maka tidak ada gejala. Tapi untungnya sudah ada vaksin anti HPV. Yuk simak bersama

5 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin HPV

Klikdokter.com - HPV (Human Papilloma Virus) merupakan suatu jenis virus yang ditularkan melalui kontak seksual. Saat berhubungan seksual atau oral seks, HPV akan tertular melalui genital, mulut, dan tenggorokan yang akan menyebabkan infeksi. HPV yang dapat ditularkan ada 40 jenis virus.

Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kutil pada kelamin. Jenis lain dapat menyebabkan kanker. Selain kanker serviks, HPV dapat menyebabkan kanker pada vulva, vagina, penis, anus, kepala dan leher.

Hal yang paling menyeramkan adalah bahwa bila sesorang terinfeksi HPV maka tidak ada gejala.

1. Apakah Saya Perlu mendapatkan Vaksin?

Vaksin HPV merupakan vaksin yang sangat penting untuk wanita agar mencegah terjadinya kanker serviks, dimana kanker ini membunuh 4,000 wanita di Amerika setiap tahunnya.

Ada dua jenis vaksin yang beredar, satu vaksin dapat melindungi terhadap 4 virus, vaksin satu lagi hanya dapat melindungi terhadap 2 jenis virus. Kedua jenis vaksin melindungi terhadap beberapa jenis infkesi HPV. 

2. Kapan Saya Sebaiknya Mendapatkan Vaksinasi HPV?

Saat yang paling tepat untuk mendapatkan vaksin adalah sebelum usia memulai aktifitas seksual.

CDC (Central of Disease Control & Prevention, Amerika Serikat) merekomendasikan wanita mendapatkan vaksin di usia 11 atau 12 tahun.

CDC juga merekomendasikan agar laki-laki di usia 13 hingga 21 tahun untuk mendapatkan vaksin.

3. Jika Saya Diatas Usia 26 tahun, Apakah Masih Perlu Divaksin?

Vaksin HPV tidak direkomendasikan untuk orang-orang di usia 26 tahun, karena belum diteliti benar apakah efektif atau tidak.

Namun nanti kedepannya B-POM Amerika Serikat, FDA (Food & Disease Association, Amerika Serikat) akan mengeluarkan rekomendasi untuk vaksin di usia tersebut.

Berapa kali suntikan yang saya butuhkan?

4. Berapa Kali Suntikan yang Saya Butuhkan?

Anda akan mendapat 3 kali vaksin selama 6 bulan. Anda membutuhkan 3 kali suntik ini agar terlindungi dari HPV. 

Suntikan kedua dilakukan 2 bulan setelah suntikan pertama.

Sementara suntikan ketiga dilakukan 6 bulan setelah suntikan pertama atau 4 bulan setelah suntikan keempat.

5. Bila Anda Sudah Terinfeksi HPV, Apakah Vaksin Dapat Menyembuhkan?

Tidak. Bila Anda sudah terinfeksi HPV maka vaksin tidak dapat menyembuhkan infeksi. Namun bila Anda terinfeksi oleh Janis infeksi HPV lain maka Anda dapat terlindungi. Oleh sebab ini sangat penting bagi wanita yang aktif secara seksual untuk regular melakukan pemeriksaan Pap-Smear.

Vaksin HPVA-Z Kesehatan Kewanitaan

Konsultasi Dokter Terkait