Sukses

Menopause Pada Pria: Mitos atau Fakta?

Efeknya 'menopause' pada pria adalah perubahan pada fungsi seksual, level energi atau mood yang terjadi tanpa disadari selama bertahun-tahun. Simak disini selengkapnya bersama dr. Puti Naindra Alevia.

Klikdokter.com - Perubahan kadar hormon merupakan bagian dari proses alami penuaan. Pada oria, perubahan tersebut terjadi secara bertahap, dalam beberapa tahun. Istilah ‘menopause pria’ kadang digunakan untuk mendeskripsikan penurunan kadar testosterone atau reduksi bioavailibilitas testosteron berkaitan dengan proses penuaan. (Baca: ‘Menopause’ Pada Pria)

Efeknya adalah perubahan pada fungsi seksual, level energi atau mood yang terjadi tanpa disadari selama bertahun-tahun. Dokter-dokter menggunakan istilah ‘andropause’ untuk mendeskripsikan perubahan hormon ini. Istilah lain adalah defisiensi testosteron dan defisiensi androgen, atau hipogonadisme awitan lambat.

Kadar testosteron pada pria bervariasi. Secara umum, pria yang lebih tua memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dibandingkan pria muda. Kadarnya turun sekitar 1% per tahun di atas usia 30 tahun. Pada usia 70 tahun, penurunannya sudah mencapai kira-kira 50%.

Pada beberapa pria, kadar testosteron yang rendah tersebut tidak menimbulkan tanda dan gejala. Bila ada, gejalanya antara lain:

1 dari 2 halaman

Stamina Seks Menurun

Pada beberapa pria, kadar testosteron yang rendah tersebut tidak menimbulkan tanda dan gejala. Bila ada, gejalanya antara lain:

  • Perubahan fungsi seksual: disfungsi ereksi, penurunan libido, dan infertilitas. Ukuran testis juga dapat mengecil.
  • Perubahan pola tidur: insomnia, sering mengantuk.
  • Perubahan fisik: Peningkatan lemak tubuh; penurunan massa , kekuatan, dan daya tahan otot; dan penurunan kepadatan tulang; pembesaran payudara (ginekomastia) dan hilangnya bulu tubuh.
  • Perubahan emosi: penurunan motivasi dan kepercayaan diri, merasa sedih atau depresi, serta sulit konsentrasi.

Konsulkanlah dengan dokter Anda bila Anda memiliki kadar testosteron yang rendah.

3 Komentar

  • Efori Ndruru

    Emut

  • Sulistyo Widodo

    solusi mengatasinya perlu ditampilkan

  • Asti Ivo

    Selamat mlm dok.. Maaf dok saya mau tanya dan minta solusi. Saya asti dok. Usia saya 29 thn. Tpi suami saya sekitar usia 44 thn. Saya mau bertanya dok. Saat saya dn suami saya mau berhubungan intim. Tpi suami saya miss p nya susah bangun dok. Saya hrs gmn dok. Apa krn faktor usia atw kah?thks.