Sukses

Baca Ini Sebelum Anda Menyikat Gigi

Hati-hati, salah menyikat gigi malah berakibat serius karena plak tak benar-benar hilang. Berikut ini panduan menyikat gigi yang baik dan benar ala drg. Arni Maharani disini.

Klikdokter.com - Menyikat gigi yang benar sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari. Dianjurkan pula untuk selalu menyikat gigi 30 menit setelah selesai makan. Hal ini bertujugan agar enamel gigi yang melembek akibat asam dari makanan kembali mengeras. Jadi ketika menyikat, enamel gigi tidak ikut terkikis.

Menyikat gigi berguna untuk menghilangkan plak atau bakteri yang menempel di gigi. Sebab jika bakteri bertemu dengan makanan akan menghasilkan asam yang dapat mengakibatkan gigi berlubang.

Nah tapi apakah cara menyikat gigi bukan Anda sudah benar? Hati-hati, salah menyikat gigi malah berakibat serius karena plak tak benar-benar hilang.

Berikut adalah tips supaya gigi Anda benar-benar bersih waktu disikat:

1 dari 2 halaman

Berikut adalah tips supaya gigi Anda benar-benar bersih waktu disikat:

  1. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu remineralisasi email gigi sepanjang bulu sikat gigi Anda.
  2. Pastikan seluruh permukaan gigi Anda tersikat. Alokasikan waktu minimal 2 menit setiap menyikat gigi.
  3. Gosok gigi Anda dengan pada bagiandepan terlebih dulu menggunakan gerakan vertikal dari gusi ke gigi.
  4. Setelah menyikat bagian depan, beralihkan menyikat gigi bagian samping kanan dan kiri dengan gerakan melingkar.
  5. Sikatlah atap gigi atau permukaan kunyah gigi Anda. Pastikan anda menjangkau hingga bagian paling belakang gigi dalam rongga mulut Anda.
  6. Selanjutnya adalah menyikat bagian dalam gigi Anda dengan gerakan mencungkil. Sikat secara merata dan bersih karena bagian dalam gigi merupakan bagian yang paling banyak menyimpan sisa makanan.
  7. Setelah seluruh permukaan gigi Anda tersikat, jangan lupa untuk menyikat bagian lidah dan langit-langit mulut sebab bakteri juga bersarang di dua tempat ini.
  8. Setelah selesai, berkumurlah dengan air bersih. Dianjurkan untuk menggunakan cairan penyegar mulut karena bisa mengurangi jumlah bakteri pada  mulut Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar