Sukses

4 Manfaat Kesehatan Gigi Pada Tubuh Anda

Tidak cuma senyum cemerlang, tidak cuma gigi menjadi lebih menarik, tidak cuma sekedar menambah percaya diri. Gigi yang sehat juga memberikan dampak baik pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut penjelasan drg. Arni Maharani disini.

Klikdokter.com - Ternyata menjaga kesehatan gigi dan gusi dapat meningkatkan kesehatan, mengurangi risiko penyakit serius dan membantu mempertahankan memori saat Anda lansia. Tak ada kata terlambat untuk mulai menjaga kesehatan gigi. Tapi lebih baik lagi kalau dimulai sejak dini, sejak masih kecil.

1. Gigi sehat meningkatkan kepercayaan diri

Sudah pasti semua orang mau memiliki gigi putih yang berkilau dan hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Anda pun bisa makan, tidur dengan nyaman tanpa gangguan sakit gigi.

2. Gigi dan gusi sehat mengurangi risiko penyakit jantung

Semua ahli kesehatan sepakat bahwa penyakit gigi dan gusi memiliki dampak terhadap kesehatan jantung. Jadi kalau Anda ingin memiliki jantung yang sehat,dapat diawali dengan memiliki gigi dan gusi yang sehat.

Dua hal manfaat kesehatan gigi lainnya:

1 dari 2 halaman

Dua hal manfaat kesehatan gigi lainnya:

3. Gigi sehat mempertajam ingatan

Mempunyai kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur selain membuat gigi sehat dan senyum Anda indah tetapi juga berefek positif pada otak. Ketika tidak menyikat gigi setelah makan makanan sebelumnya, gusi akan lebih mudah terserang bakteri yang akan masuk ke aliran darah. Saat bakteri masuk ke pembuluh darah atau terbawa aliran darah, maka dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh, termasuk otak, yang berakibat pada disfungsi kognitif,  seperti yang dijelaskan oleh Jonathan B.Levine DMD, penulis buku Smile. Jadi, biasakan untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari.

4. Gusi yang sehat dapat membantu menstabilkan gula darah pada penderita Diabetes

Penderita diabetes seringkali mengalami masalah penyakit gusi. Hal ini disebabkan oleh kadar gula yang tinggi dalam darah, menyebabkan penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan metabolism bagi bakteri.Pada beberapa penelitian, ditemukan bahwa dengan melakukan terapi scaling atau root planning dapat membantu menstabilkan gula darah pada penderita diabetes, namun hal ini mempunyai efek yang berbeda pada setiap individu. Apabila penderita diabetes yang mempunyai masalah periodontal tidak segera dirawat oleh dokter gigi, maka dapat memperparah dan menyebabkan komplikasi kondisi diabetes lebih lanjut.

0 Komentar

Belum ada komentar