Sukses

Waktu Tumbuh Gigi Tetap

Setelah gigi susu, muncullah gigi tetap. Kapankah munculnya gigi tetap? Berbahayakan jika gigi tetap telat muncul untuk pertumbuhan anak? Simak disini selengkapnya bersama drg. Arni Maharani.

gigi susuKlikDokter.com - Sepanjang hidup manusia, gigi akan tumbuh 2 kali yaitu  pertama pada masa bayi dan kedua pada masa anak-anak sampai remaja. Pada masa bayi gigi yang tumbuh dikenal dengan nama gigi susu dan pada masa anak-anak sampai remaja gigi yang tumbuh dikenal dengan nama gigi tetap.

Baik gigi susu maupun gigi tetap mempunyai fungsinya masing-masing yang tidak jauh berbeda dan dapat dikatakan bahwa fungsi utamanya adalah untuk pengunyahan.

Ke-20 gigi susu yang terdapat 10 buah pada masing-masing rahang akan digantikan oleh gigi tetap sebanyak 32 buah.

Proses tumbuhnya gigi tetap ini berjalan selama bertahun-tahun, dan tipe gigi yang sama akan tumbuh  bersamaan di bagian rahang kanan dan kiri.

Kapankah waktu tumbuh gigi tetap? Berikut penjelasannya>

1 dari 2 halaman

Waktu Tumbuh Gigi Tetap

Gigi tetap berjumlah 32 buah didalam mulut orang dewasa,  pada masing-masing rahang terdapat 16 buah gigi.  Tumbuhnya gigi tetap ini akan didahului oleh goyangnya gigi susu yang akan digantikan. Gigi tetap akan tumbuh pertama kali pada usia 6-7 tahun yaitu 2 gigi seri tengah (central incisor) rahang bawah dan 4 gigi graham (molar 1) pada rahang atas dan bawah. Semua gigi graham tetap tidak menggantikan gigi susu manapun sehingga pada saat kemuculannya tidak didahului oleh goyangnya gigi susu.

 Gigi tetap akan terus tumbuh sampai pada usia 12-13 tahun dan kemudian pada usia 1-21 tahun akan tumbuh lagi gigi graham bungsu (molar 3). Banyak ditemukan kasus terganggunya pertumbuhan gigi graham bungsu ini, sehingga sering kali dokter gigi merekomendasikan untuk dilakukan pencabutan, karena mengingat juga fungsi dari gigi ini yang tidak begitu maksimal terhadap pengunyahan dan sulit dibersihkan.  

0 Komentar

Belum ada komentar