Sukses

Gigi Geraham Bungsu Tidak Tumbuh? Waspadai Komplikasi Ini

Cukup banyak ditemukan orang-orang yang bermasalah dengan gigi geraham bungsunya. Bahkan tidak sedikit berkembang menjadi komplikasi. Simak disini penjelasan drg. Arni Maharani selengkapnya.

KlikDokter.com - Cukup banyak ditemukan orang-orang yang bermasalah dengan gigi geraham bungsunya. Dimana gigi ini tumbuh tidak dalam keadaan yang normal, salah satu keadaan yang sering ditemukan adalah gigi ini tidak tumbuh atau keluar secara utuh atau disebut juga impaksi karena tidak adanya ruangan yang cukup bagi gigi ini untuk tumbuh secara normal.

Gigi geraham bungsu atau molar 3 merupakan gigi yang tumbuh paling akhir pada manusia  dan terdapat 2 buah pada masing-masing rahang yang terletak di paling ujung atau belakang dari rahang.

Gigi geraham bungsu yang tidak tumbuh baik sebagian atau seluruhnya atau impaksi dapat menimbulkan berbagai macam gangguan dan terkadang gangguna itu tidak langsung dirasakan, posisinya yang paling ujung sehingga sulit dibersihkan dan kemunculannya yang hanya sebagian pada beberapa kasus membuat gigi ini mudah terserang penyakit gigi berlubang.

Para ahli lebih merekomendasikan utuk menngakat gigi ini, baik pada keadaan yang telah menimbulkan gangguna dalam rongga mulut ataupun yang belum guna menghindari masalah yang mungkin ditimbulkan dikemudian hari.

Berikut beberapa keadaan yang dapat terjadi karena impaksi gigi geraham bungsu:

1 dari 2 halaman

Berikut beberapa keadaan yang dapat terjadi karena impaksi gigi geraham bungsu:

gigi, geraham, salah tumbuhGigi berlubang, kebersihan dari gigi ini memang sulit dicapai mengingat posisinya yang paling ujung dan berada didaerah yang sempit pula serta diperparah dengan keadaan sisa makanan yang sering terjebak diantara gusi dan gigi yang hanya muncul sebagian. kebersihan gigi yang kurang baik ini menyebabkan resiko gigi berlubang lebih besar karena keadaan yang tidak bersih dari gigi merupakan tempat yang “nyaman” bagi bakteri perusak gigi.

Kerusakan gigi lainnya, kelaianan pertumbuhan dari gigi ini dapat menyebabkan susunan gigi menjadi tidak rapi hal ini disebabkan oleh tekanan gigi geraham bungsu tadi dan tekanan pertumbuhan tersebut yang mengarah pada gigi sebelahnya yaitu gigi Molar 2 (geraham) juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi tersebut atau menimbulkan infeksi.

Kelainan gusi, kebersihan yang kurang terjaga pada kasus gigi impkasi selain menyebabkan gigi berlubang dapat juga menimbulkan peradangan pada gusi dan juga menimbulkan rasa sakit.

Kista,  kantung pertumbuhan gigi geraham bungsu dalam tulang rahang yang terisi oleh cairan menyebabkan terbentuknya kista yang kemudian dapat merusak tulang rahang iru sendiri dan saraf disekitarnya. 

0 Komentar

Belum ada komentar