Sukses

Hal yang Dilakukan Ketika Gigi Anak Cedera

Dalam kesehariannya anak-anak tidak lepas dari aktivitas bermain, baik dilakukan didalam ruangan maupun didalam ruangan. Tak luput cedera pun dapat terjadi. Berikut ini adalah penjelasan drg. Arni Maharani

KlikDokter.com - Dalam kesehariannya anak-anak tidak lepas dari aktivitas bermain, baik dilakukan didalam ruangan maupun didalam ruangan. Berbagai macam aktivitas bermain ini tidak jarang menimbulkan cedera akibat dari terjatuh, terbentur dan lainnya. Hal ini disebabkan karena anak-anak memang belum dapat menjaga diri sendiri atau luput dari perhatian orang tua dan pengasuhnya. Anak laki-laki lebih sering mengalami hal ini karena anak laki-laki lebih aktif, begitu pula pada anak yang hiperaaktif. Tetapi bukan berarti anak yang apatis tidak memiliki resiko, mereka dapat melakukan hal seperti memukul diri sendiri dan bisa berulang-ulang sehingga hal ini juga bisa menjadi pemicu cedera.

Akibat dari terjatuh atau terbentur tadi apabila mengenai bagian wajah anak terutama bibir maka biasanya menyebabkan kerusakan pada gigi depan, dan banyak juga yang terkena adalah gigi tetapnya.

Keadaan yang sering dialami ketika benturan terjadi pada gigi depan adalah meliputi

  • Patah pada bagian mahkota gigi.
  • Patah pada bagian akar gigi.
  • Patah pada bagian mahkota gigi yang meliputi kamar saraf (pulpa).
  • Terlepasnya gigi .

Beberapa hal yang perlu dilakukan ketika hal-hal diatas terjadi:

1 dari 2 halaman

Beberapa hal yang perlu dilakukan ketika hal-hal diatas terjadi:

  • Bawa segera anak ke dokter gigi dan ceritakan dengan jelas kapan serta bagaimana kejadian itu terjadi.
  • Persiapkan anak untuk menjalani perawatan gigi, dengan memberi pengertian dan penjelasan terutama pada anak yang belum pernah dirawat gigi sama sekali.
  • Pada kejadian gigi yang terlepas maka apabila memungkinkan maka gigi tersebut dibawa juga ke dokter gigi.
  • Apabila keadaan yang dialami anak disertai pusing dan muntah maka sebaiknya anak langsung dibawa kerumah sakit bukan ke klinik dokter gigi, karena fasilitas dan tenaga medis dirumah sakit lebih memadai.

0 Komentar

Belum ada komentar