Sukses

Mencegah Kuman Menyebar di Rumah

Ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk membantu pencegahan penyebaran kuman di rumah. Berikut penjelasan dr. Citra Roseno disini.

KlikDokter.com - Anak yang sakit dapat menjadi sumber stres nomor satu orangtua.Untuk itulah, menjaga kebersihan dari rumah sangat diperlukan.Berikut ini empat cara untuk mencegah penyakit dan kuman berkembang di rumah Anda:

1. Mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah kuman menyebar.Sekitar 80% penyakit menular yang disebarkan oleh sentuhan tangan. 

Ajarkan anak-anak untuk mencuci tangan sebelum makan, saat mandi, dan setelah dari toilet.Supaya kegiatan mencuci tangan tidak membosankan, ajaklah mereka untuk melantunkan lagu sembari mencuci tangan.

Para ahli merekomendasikan untuk mencuci tangandengan sabun selama 20 detik. 

Nah, nasihat yang samajuga berlaku untuk Anda. Ketika Anda sudah terlalu sibuk dengan anak, kadang Anda luput untuk menjaga kesehatan sendiri.Padahal, anak yang sakit bisa saja disebabkan oleh kuman yang ada pada tangan Anda.

Berikut langkah pencegahan penyebaran kuman lainnya:

1 dari 2 halaman

Berikut langkah pencegahan penyebaran kuman lainnya:

2. Bersihkan permukaan-permukaan barang

Lap dan seka permukaan-permukaan barang yang telah disentuh oleh anak dengan disinfektan. Jika anak mengalami muntah dan diare, bersihkan kamar mandi secara keseluruhan.

3. Perhatian waktu makan

Ketika anak-anak makan di satu meja, biasanya mereka akan bertukar gelas bahkan makanan secara tidak sengaja. Ciptakanlah suasana makan yang menyenangkan agar mereka tertib dan tidak kacau.

4. Menjaga kamar mandi tetap higienis

Umumnya kumantidak tinggal lama pada handuk, namun mereka dapat hidup cukup lama untuk membuat anak sakit.Bersihkan kamar mandi secara teratur. Anda juga bisa beralih ke pemakaian handuk kertas selama seminggu untuk mencegah kuman menginfeksi anggota keluarga yang lain. Pertimbangkan juga untuk mengganti sikat gigi lama setelah anak sembuh dari sakit.

0 Komentar

Belum ada komentar