Sukses

Kapankah Gigi Susu Tumbuh?

Persisnya, kapankah gigi susu pada anak mulai tumbuh? Apakah gigi anak Anda termasuk terlambat pertumbuhannya? Simak disini penjelasan drg. Arni Maharni lebih jelasnya.

KlikDokter.com - Terdapat beberapa perbedaan antara gigi susu dan gigi tetap, yaitu ukuran gigi susu yang lebih kecil, warna gigi susu yang lebih putih dan jumlah gigi susu yang lebih sedikit didalam rongga mulut. Mengingat waktu gigi susu berada didalam mulut yang cukup sebentar dibanding gigi tetap bukan berarti kesehatan gigi susu dapat diabaikan. Kesehatan gigi susu dan gigi tetap harus sama-sama dijaga dengan baik. Gigi susu yang telah goyang merupakan pertanda bahwa keberadannya akan segera digantikan oleh gigi tetap. Walupun tidak semua goyang yang dialami gigi susu merupakan pertanda itu karena ada juga yang disebabkan suatu kelainan atau infeksi.

Pada saat gigi susu mulai tumbuh sebaiknya orang tua harus sudah mulai menjaga kebersihan gigi tersebut walupun gigi yang tumbuh dalam rongga mulut baru sebagian. Tumbuhnya 2 gigi susu yang sejenis dalam rongga mulut akan muncul pada waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan disisi kanan dan kiri rahang.

Berikut ini penjelasan waktu tumbuh gigi susu:

1 dari 2 halaman

Waktu Tumbuh Gigi Susu

gigi susuPada bayi yang baru lahir tidak terdapat sama sekali gigi yang telah tumbuh diatas gusi, namun terbentuknya mahkota gigi susu sudah hampir sempurna dan berada didalam tulang rahang.

Gigi susu pertama kali tumbuh adalah pada usia 6-10 bulan, yaitu gigi 2 seri tengah (central incisor) pada rahang bawah, kemudian disusul oleh gigi 2 seri tengah (central incisor) rahang atas pada usia 8-12 bulan.

Lalu disusul oleh gigi lainnya dan gigi susu akan lengkap pertumbuhannya sampai pada bayi berusia 3 tahun.

Jumlah gigi susu di masing-masing rahang adalah 10 buah, yang secara keseluruhan jumlah gigi susu didalam rongga mulut adalah 20 buah

1 Komentar