Sukses

Inilah 5 Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan

Seringkali orangtua bingung sendiri ketika anak mereka sedang susah makan. Berikut ini berapa penyebab yang mengakibatkan anak tidak mau makan bersama dr. Dyah Novita Anggraini.

Klikdokter.com - Seringkali orangtua bingung sendiri ketika anak mereka sedang susah makan. Meski ini merupakan permasalahan yang banyak dihadapi, jangan sekali-kali menganggapnya sepele. Anda harus mengetahui penyebab utamanya supaya Anda bisa cepat-cepat mengatasinya. Berikut ini berapa penyebab yang mengakibatkan anak tidak mau makan:

  • Mengonsumsi cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, dan lain-lain. Akibatnya, ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.

  • Minum susu terlalu banyak. Setelah anak berusia setahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur, dan buah. Di atas usia setahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir Anda sebagai orangtua.

1 dari 2 halaman

Faktor Penyebab Anak Kurang Nafsu Makan

  • Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
  • Anak sedang dalam fase 'negativistik' (fase ini adalah fase yang normal di mana anak usia 18 bulan hingga 3 tahun belajar untuk menolak dan egonya mulai tumbuh). Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.
  • Anak sedang sakit atau sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa memberikan anak Anda multivitamin yang memiliki kandungan curcuma (temulawak). Berdasarkan penelitian yang diadakan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang pada tahun 2008, terbukti curcuma dapat meningkatkan nafsu makan anak. 

0 Komentar

Belum ada komentar