Sukses

Apakah Setiap Anak Membutuhkan Suplemen Multivitamin?

Seberapa penting pemberian suplemen pada anak? Apa pertimbangannya anak untuk dapat diberikan suplemen multivitamin? Berikut penjelasannya dr. Citra Roseno disini.

Klikdokter.com - Banyak orangtua yang masih ragu untuk memberikan anak mereka suplemen multivitamin. Sebagian dari mereka juga takut bila anak mereka malah kelebihan vitamin, yang kemudian dapat mempengaruhi perkembangannya. Jangan bingung dulu. Dikutip dari WebMd, para ahli gizi mengatakan bahwa pemberian multivitamin baru diperlukan jika anak tersebut:

  • Kebutuhan nutrisi dan gizinya tidak seimbang.
  • Rewel atau sulit makan.
  • Memiliki kondisi medis yang kronis seperti masalah asma atau pencernaan. Jika ia mengonsumsi obat dari dokter, pastikan untuk berbicara kepada dokter anak Anda sebelum memberinya suplemen karena beberapa jenis suplemen dapat mengganggu proses metabolisme obat.
  • Aktif bermain atau menjalani kegiatan olahraga.
  • Menjalani diet vegetarian, atau pembatasan diet lainnya.
  • Banyak mengonsumsi minum soda berkarbonasi.

Jika anak Anda termasuk yang telah disebutkan di atas, maka hal-hal ini dapat Anda solusikan untuk pemberian suplemen vitamin:

1 dari 2 halaman

Perlukah Pemberian Suplemen Multivitamin Pada Anak?

Jika anak Anda termasuk yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membantunya dengan memberikan suplemen multivitamin. Anda tidak perlu khawatir, terutama bila Anda merasa bahwa asupan zat gizinya kurang dari makanan-makanan yang dikonsumsinya.

Pastikan multivitamin yang Anda berikan untuk anak Anda adalah multivitamin yang memiliki kandungan curcuma (temulawak). Berdasarkan penelitian yang diadakan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang pada tahun 2008 lalu terbukti curcuma dapat meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, curcuma juga dapat memberikan kekuatan pada fisik anak untuk aktivitas berat sekalipun, serta mencegah mereka terserang penyakit.

0 Komentar

Belum ada komentar