Mata

5 Cara Menjaga Mata Tetap Cantik

dr. Anita Amalia Sari, 08 Okt 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mata adalah jendela dunia. Oleh karenanya, jagalah kesehatan mata agar Anda tetap menikmati indahnya dunia. Ayo jaga mata Anda tetap cantik dengan cara dari dr. Anita Amalia Sari berikut ini.

5 Cara Menjaga Mata Tetap Cantik

Klikdokter.com - Dari mata turun ke hati. Peribahasa ini menguatkan pesan bahwa penting sekali untuk senantiasa menjaga kesehatan mata. Kita harus menjaga dan merawat mata agar tidak mengalami masalah atau penyakit yang terkait dengan mata, seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabuh dekat dan katarak. Penyakit atau masalah terkait mata ini tanpa disadari seringkali disebabkan oleh kebiasaan Anda sendiri. Contohnya, penyakit rabun dekat atau miopi yang banyak menimpa mereka yang hobi membaca buku terlalu dekat. Nah, untuk lebih memahami dan mengerti cara menjaga mata tetap sehat, berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

1. Makanan sehat pangkal mata sehat

Mulailah mengonsumsi makanan tinggi nutrisi dan gizi untuk melindungi mata sejak dini. Nutrisi sepeti omega-3, lutein, zinc, dan vitamin C serta E akan membantu menjaga mata dari penyakit mata terkait usia seperti katarak. Menjaga pola makan yang sehat juga penting untuk menghindari diabetes, penyebab utama hilangnya penglihatan pada usia dewasa.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan:

2. Stop merokok

Merokok akan membuat Anda terkena katarak, kerusakan saraf mata, dan penyakit degenerasi makular. Salah satu tips untuk stop merokok adalah jangan menyerah. Bila Anda sudah berhenti merokok tapi merokok lagi, tetap berusaha berhenti. Semakin sering Anda mencoba untuk berhenti merokok, kemungkinan Anda berhenti merokok semakin berhasil.

3. Mengenakan kacamata

Kacamata bukan cuma sebagai aksesoris fashion tapi juga bisa melindungi mata dari pancaran sinar ultraviolet penyebab katarak dan degenerasi macular. Pilih kacamata yang bisa menghalangi 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB. Selain kacamata, lensa kontak pun kini juga menawarkan proteksi terhadap sinar UV.

4. Aman dengan kacatama pelindung

Kalau Anda bekerja di lingkungan di mana banyak material berbahaya bagi mata, selalu gunakan kacamata pelindung di saat bekerja. Gunakan juga pelindung mata untuk mencegah mata terluka di saat berolahraga hoki, tenis, atau bulutangkis. 

5. Menjaga mata dari monitor komputer

Terlalu lama menatap monitor komputer dapat menyebabkan penglihatan kabur, rabun jauh, pusing, mata kering, dan sakit punggung, leher dan bahu.

Ikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk melindungi mata Anda:

  • Pastikan kacamata atau lensa kontak Anda aman untuk melihat monitor komputer.

  • Posisikan monitor komputer Anda selevel dengan mata supaya Anda tidak menunduk.

  • Gunakan pelindung layar computer yang tidak memantulkan sinar matahari untuk menghindari mata silau.

  • Seringlah berkedip untuk mencegah mata kering.

  • Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik.

MatasehatsakitAktualita Mata

Konsultasi Dokter Terkait