Sukses

8 Tips Pro-Aktif Melindungi Mata

Selamat Hari Pangan Sedunia! Pangan memiliki peran penting dalam melindungi mata Anda. Ketahui pangan yang dapat menjaga mata Anda dari penyakit disini bersama dr. Anita Amalia Sari.

Klikdokter.com - Mata adalah salah satu organ terpenting manusia. Memiliki mata yang sehat artinya kita bisa melihat keindahan dunia. Oleh sebab itu, menjaga indera penglihatan ini sangat penting. Jangan sampai Anda mengalami penyakit atau masalah yang terkait dengan penglihatan. Salah satu cara melindunginya adalah dengan rutin mengunjungi dokter mata. Biasanya kita datang ke dokter bila ada keluhan. Hal ini sangat berisiko, karena bila terlambat, dampaknya bisa berbahaya. Untungnya ada banyak cara yang bisa Anda praktikkan setiap hari untuk menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah 8 cara untuk lebih proaktif melindungi mata:

1. Rutin memeriksa mata

Banyak orang yang baru datang ke dokter ketika ada masalah atau keluhan. Survei oleh American Optometric Association menemukan bahwa ada 85% orang yang mengatakan bahwa mata mereka adalah organ yang paling penting dijaga tapi hanya kurang dari setengahnya yang  pernah memeriksa matanya selama dua atau tiga tahun terakhir.

 

Orang dewasa, khususnya yang berusia 40 tahun, wajib memeriksakan matanya setidaknya setahun sekali. Hal ini untuk mencegah penyakit mata yang terkait usia seperti degenerasi makular, katarak, dan glaukoma. Bayi (us9a 0-12 bulan) pun juga diwajibkan diperiksa matanya untuk mendeteksi masalah yang mungkin saja akan berdampak buruk ketika dewasa nanti.

1 dari 3 halaman

Berikut ini adalah cara untuk lebih proaktif melindungi mata:

Matafres-banner-690x150px

2. Memberikan riwayat kesehatan Anda pada dokter mata


Pasien kadang tidak menyadari bahwa ada hubungan antara mata dengan organ tubuh lainnya. Penyakit hipertensi dan diabetes terbukti dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah retina yang dapat menyebabkan kebutaan. Jadi, dengan membaca riwayat kesehatan Anda, dokter mata bisa mendeteksi masalah terkait dengan mata sejak dini. 

3. Menjaga kualitas udara di rumah dan tempat bekerja

Bila Anda banyak beraktivitas di dalam ruangan, perhatikan kelembaban suhu ruangan untuk mencegah mata terkena iritasi mata atau mata kering. Gunakan alat pelembab portabel untuk menjaga udara tetap lembab.

 

4. Selalu sedia obat mata di kotak obat

Selain perban dan obat merah, amat penting untuk selalu menyediakan obat mata untuk pencegahan. Hal ini perlu bila terjadi kondisi seperti mata kemasukan sabun atau pembersih. Pertama yang harus dilakukan adalah segera meneteskan mata dengan obat mata dan diamkan selama 10 – 15 menit. Bila iritasi terus berlanjut, segera pergi ke dokter mata.

5. Mengganti kotak penyimpanan lensa kontak tiap dua atau tiga bulan

Salah satu penyebab munculnya masalah terkait dengan mata adalah kelalaian menjaga kebersihan kotak penyimpan lensa kontak. Dengan meletakkannya secara asal, bisa mengundang bakteri untuk berkembang. Nah, untuk mencegah hal ini, gantilah kotak penyimpanan lensa kontak tiap dua atau tiga bulan dan simpan di tempat yang bersih dan tidak lembab.

6. Jangan menatap monitor komputer terlalu lama

Jika Anda sering bekerja dengan komputer, lakukan cara 20-20-20. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik. Hal ini bermanfaat agar mata tidak cepat lelah. Selain itu menatap komputer terlalu lama dapat menyebabkan gangguan mata kering. Untuk menghindarinya Anda dapat sering mengedipkan mata Anda selain itu Anda dapat pula menggunakan cairan tetes mata buatan untuk tetap menjaga kelembaban mata Anda.

2 dari 3 halaman

Berikut ini adalah 8 cara untuk lebih proaktif melindungi mata:

Matafres-banner-690x150px

7. Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan hijau kaya luthein dan zeaxanthine seperti bayam serta buah-buahan seperti blackberry serta daging ikan yang kaya omega-3 membantu menjaga mata dari penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makular. Tidak lupa pula untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung betakaroten seperti Wortel agar dapat membantu menjaga kesehatan mata. Wortel dapat meningkatkan pandangan mata Anda pada saat malam hari.

8. Menjaga mata dengan kacamata

Mengenakan kacatama dengan 100% UVA dan UVB akan melindungi mata dari pancaran sinar UV yang menyebabkan penyakit katarak. Tak hanya diri Anda, anak pun juga perlu dilindungi dari sinar UV karena ketika ia berusia 18 tahun, pada usia tersebut anak sudah terpapar sinar UV sebanyak 85%.

0 Komentar

Belum ada komentar