Sukses

9 Cara Mata Tetap Sehat & Cantik dengan Kosmetik

Berhati-hatilah Anda dalam memilih dan merawat kosmetik untuk mata. Berikut panduannya dari dr. Dyah Novita Anggraini agar mata Anda cantik dan sehat dengan kosmetika.

Klikdokter.com - Bagi wanita, kecantikan tentu menjadi prioritas utama. Dan untuk menunjangnya, kosmetik menjadi benda yang wajib dimiliki. Selain kecantikan wajah, kecantikan mata menjadi salah satu faktor penting yang tidak dilewatkan oleh wanita. Mascara, eye shadow, eye liner, dan pensil alis adalah kosmetik mata yang wajib ada di tas para wanita. Tapi sebaiknya Anda berhati-hati ketika memilih dan merawat kosmetik mata favorit Anda. Salah memilih kosmetik mata, bisa berisiko mengalami masalah atau penyakit yang terkait dengan mata.

Untuk mencegahnya, ikuti beberapa tips berikut ini:

1.       Selalu menjaganya tetap bersih

Bakteri berbahaya atau jamur penyebab infeksi mata bisa berkembang di produk kosmetik kalau Anda lalai menjaga kebersihannya. Untuk mencegah hal ini, bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan kosmetik ke mata Anda. Dan jangan asal meletakkan kosmetik karena bisa mengundang mikroorganisme. Pastikan kontainer make up Anda bersih agar tidak gampang terkontaminasi bakteri.

Berikut tips lainnya untuk mata tetap cantik dan tetap sehat.

1 dari 3 halaman

Beberapa Tips Mata Tetap Cantik dan Sehat dengan Kosmetik

Matafres-banner-690x150px

2. Jangan membasahi kosmetik

Hindari menambahkan ludah atau air untuk melembabkan produk kosmetik mata Anda. Hal ini dapat mengundang bakteri yang berbahaya bagi mata.

3. Hindari saling meminjam kosmetik mata

Saling meminjam kosmetik berarti Anda juga saling ‘meminjam’ kuman. Begitu juga ketika mencoba tester make up di mall. Pastikan yang Anda gunakan adalah aplikator yang hanya sekali pakai 

4. Jangan berdandan di dalam kendaraan

Mengenakan mascara di dalam kendaraan berisiko mencederai mata bila kendaraan Anda berhenti tiba-tiba.

5. Teliti memeriksa bahan-bahan, terutama pewarna tambahan

Semua produk kosmetik diwajibkan menempelkan bahan-bahan di label. Bila tidak ada, sebaiknya Anda jangan membelinya.

 

6. Berhati-hati memasang bulu mata palsu

Sebaiknya Anda berhati-hati saat memasang bulu mata palsu karena zat adhesive(perekat) di bulu mata palsu dapat memicu alergi, iritasi, atau cedera pada mata Anda. 

7. Hindari kosmetik yang dapat menyebabkan iritasi

Segera stop menggunakan produk kosmetik bila mengakibatkan mata Anda iritasi. Periksalah ke dokter untuk mencegahnya semakin parah.

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Mata dengan Kosmetik

Matafres-banner-690x150px

8. Hindari memakai kosmetik mata bila mata Anda mengalami infeksi.

Bila mata Anda sedang terkena infeksi, jangan memakai kosmetik karena berisiko terjadinya peradangan. Selain itu memakai kosmetik mata saat mata Anda sedang mengalami infeksi akan menghambat proses penyembuhan mata.

9. Buang kosmetik lama Anda

Lihat waktu kadaluarsa kosmetik Anda. Bila sudah melewati batas waktu, segera buang untuk mencegah penyakit mata. Produk kosmetik yang sudah kadaluarsa dapat mengandung jamur yang bisa menyebabkan infeksi dan gangguan pada mata. Selain itu kandungan produk kosmetik yang sudah tidak layak pakai bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada mata.

 

0 Komentar

Belum ada komentar