Sukses

Mengapa Kotor itu Baik untuk Si Kecil?

Bagi si kecil, dunia ini adalah taman bermain maha luas tempat ia dapat bermain, belajar, dan bereksplorasi. Tapi sayangnya, beberapa orangtua, berpikir dunia ini dapat menjadi sumber penyakit yang berbahaya bagi kesehatan si kecil. Simak selengkapnya dis

Klikdokter.com - Bagi si kecil, dunia ini adalah taman bermain maha luas tempat ia dapat bermain, belajar, dan bereksplorasi. Tapi sayangnya, beberapa orangtua, berpikir dunia ini dapat menjadi sumber penyakit yang berbahaya bagi kesehatan si kecil.

Ketika si kecil asik membangun pasir, ada rasa khawatir dalam diri Anda kalau ia dapat terpapar kuman dari kotoran pasir. Akhirnya rasa khawatir ini berubah menjadi rasa takut yang menyebabkan Anda melarang si kecil main di dalam ruangan.  

Sebenarnya, kotor itu dapat bermanfaat baik lho untuk perkembangan si kecil. Menurut para pakar kesehatan, orangtua harus membiarkan anak kotor ketika bermain karena ini adalah bagian dari stimulasi dan interaksi bagi pertumbuhan otaknya. Berikut beberapa alasan kenapa orangtua tidak perlu terlalu kuatir bila anaknya kotor:

 

1 dari 2 halaman

Berikut beberapa alasan kenapa orangtua tidak perlu terlalu kuatir bila anaknya kotor:

1.  Melatih kekebalan tubuh

Sama seperti otaknya, sistem imum si kecil juga perlu dilatih melalui stimulasi dan interaksi terhadap berbagai kuman. Pengenalan awal inilah yang justru membantu si kecil menjadi lebih kuat dan tahan terhadap penyakit ketika ia dewasa.

2. Baik untuk perkembangan otak

Daripada menyuruh si kecil bermain video game di dalam rumah, membiarkan si kecil bermain di luar ruangan jauh lebih bermanfaat. Izinkan si kecil bebas bermain di pasir, lumpur, atau tanah. Hal ini akan membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kreativitas otak si kecil.

3. Lebih kreatif

bermain pasir adalah saat anak-anak biasanya mengungkapkan ide-ide dan melatih kreativitas. Dari setumpuk pasir, mereka bisa menciptakan istana pasir, membuat sungai yang mengelilingi istana pasir tersebut dan banyak hal lainnya. Siapa tahu, Berawal dari istana pasir itulah, kelak saat dewasa, mereka bisa menciptakan gedung pencakar langit.

4. Lebih rileks

Membiarkan si kecil bebas bermain di luar dapat membantunya menjadi lebih santai dan tenang. Apalagi, saat ia bermain bersama teman-teman sebayanya. Si kecil bahagia, tidak rewel, dan lebih santai.

Nah, bermain kotor memang dapat memberi banyak manfaat. Namun, untuk menjaga si kecil  tetap sehat, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan tubuhnya. Setelah selesai bermain, pastikan si kecil mandi bersih dengan sabun untuk memastikan berbagai kuman  berbahaya tidak ada yang menempel di badannya dan mengganggu kesehatannya. Ini perlu dibiasakan agar si kecil mengerti bahwa ia boleh bermain kotor tapi harus selalu membersihkan diri setelah bermain. Selamat bermain untuk Si Kecil!

0 Komentar

Belum ada komentar