Sukses

5 Tempat Rawan Kuman Bagi Si Kecil

Sedikitnya ada 5 tempat di lingkungan Anda yang harus diwaspadai jika terdapat anak kecil. Apa sajakah? Seberapa rawankah? Simak penjelasan dr. Jessica Florencia disini selengkapnya.

Klikdokter.com - Si kecil pasti punya rasa ingin tahu yang besar. Setiap benda yang asing atau yang pertama kali ia lihat, pasti langsung dipegang atau disentuh. Buah hati Anda juga akan berusaha untuk menjelajahi berbagai tempat yang ia temui. Dengan begitu, si kecil bisa mengeksplorasi, belajar, dan memahami lingkungannya. Hal ini bagus untuk mendukung kemampuan kognitifnya. Ketimbang melarang-larang atau memarahinya, Ayah dan Ibu justru harus mendukung hal ini.

Tapi, ada beberapa tempat yang harus Anda waspadai karena tempat-tempat tersebut merupakan tempat kuman, bakteri, virus dan jamur bersarang. Bakteri, virus, jamur dan parasit adalah penyebab berbagai penyakit termasuk diare dan disentri. Jadi, pastikan si kecil mencuci tangannya setelah bermain di tempat-tempat berikut ini:

1.       Kamar mandi

Si kecil pasti senang sekali bermain air di kamar mandi. Tapi tahukah Anda kalau kamar mandi adalah tempat yang banyak kumannya? Apalagi kalau kamar mandi Anda menyatu dengan toilet. Bekas siraman toilet bisa saja menempel di lantai atau wadah sikat gigi. Pastikanlah agar si kecil selalu mencuci tangan setelah selesai menggunakan toilet dan kamar mandi. 

1 dari 2 halaman

Sumber Kuman di Lingkungan Tempat Tinggal

Berikut beberapa lokasi yang rawan kuman lainnya yang harus diwaspadai:

2. Kandang Hewan Peliharaan

Kalau si kecil punya hewan peliharaan, pastikan kandangnya selalu dibersihkan. Apalagi kalau si kecil sering meluangkan banyak waktunya di sini. Kandang hewan termasuk tempat yang penuh dengan bakteri, parasit berbahaya, atau virus yang berasal dari air liur, bulu, tinja dan air kencing hewan.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir untuk mengajarkan anak merawat hewan peliharaan. Pastikan saja, si kecil selalu mencuci tangan setelah bermain dengan hewan peliharaan

3. Halaman

Main lumpur itu dapat memberi manfaat yang baik untuk si kecil. Tapi Anda harus tetap waspada. Mungkin saja di dalam lumpur itu ada kotoran binatang atau sampah buangan yang mengandung bakteri berbahaya. Selalu ingatkan si kecil untuk mencuci tangan setelah bermain di halaman.

4. Kulkas

Kulkas adalah salah satu tempat  sarang kuman yang seringkali tidak disadari. Kuman dapat berasal dari tumpahan susu, daging mentah, dan makanan busuk. Hal ini bisa menyebabkan si kecil sakit perut, diare, dan disentri. Untuk mencegahnya, segera buang makanan yang sudah busuk dan rutin membersihkan kulkas.

5. Dapur

Selain benda-benda tajam, sisa potongan daging dan sayuran, sampah, dan bekas air cucian adalah hal-hal yang menjadikan dapur sebagai tempat yang rawan untuk si kecil. Awasi si kecil dengan seksama bila bermain di dapur dan biasakan agar buah hati Anda selalu mencuci tangan setelahnya.

0 Komentar

Belum ada komentar