Sukses

Membujuk Si Kecil Main Diluar

Apakah si kecil lebih suka main video game sendiri di dalam rumah daripada bermain di luar dengan teman-teman sebayanya? Tahukah Anda kalau mengajak si kecil bermain dan beraktivitas di luar akan membuatnya lebih bebas, lebih sehat, dan lebih mengenal lin

Klikdokter.com - Apakah si kecil lebih suka main video game sendiri di dalam rumah daripada bermain di luar dengan teman-teman sebayanya? Tahukah Anda kalau mengajak si kecil bermain dan beraktivitas di luar akan membuatnya lebih bebas, lebih sehat, dan lebih mengenal lingkungannya. Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangannya pun bisa optimal.

Bermain di luar ruangan sangat penting untuk anak-anak. Selain untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, beraktivitas di luar ruangan membantu mereka aktif dan sehat. Menurut sebuah penelitian di Cambridge University aktivitas di luar rumah dapat menghindarkan si kecil dari rabun jauh.

Hal ini disebabkan saat si kecil bermain di luar rumah akan terkena paparan matahari secara langsung yang akan meningkatkan penglihatan mereka. Nah, karena bermain di luar rumah lebih bermanfaat, tugas Anda sebagai orangtualah untuk membujuknya. Berikut adalah beberapa tips:

1 dari 2 halaman

Aktivitas di Luar Ruangan Bersama Anak

Berikut adalah beberapa tips dalam mengajak anak beraktivitas diluar ruangan:

1. Mengajaknya berkemah

Melihat alam, menghirup udara segar, dan berkumpul di api unggun sambil mengobrol. Itu semua adalah indahnya berkemah. Si kecil akan senang berpetualang melihat pemandangan alam yang indah. Berkemah bersama keluarga akan menciptakan kenangan manis yang tak terlupakan. Tentunya tanpa gadget, yah.

2. Membatasi waktu bermain game dan komputer

Terlalu sering main video game dan komputer memberi dampak tidak baik untuk kemampuan kognitif anak. Dengan memberlakukan batas waktu bermain video game dan komputer, si kecil akan mengalihkan aktivitasnya dari dalam rumah ke luar rumah. Coba praktikkan batas waktu untuk bermain video game  hanya 3 - 4 jam dalam seminggu .

3. Ajak si kecil mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah

Salah satu alasan si kecil malas bermain di luar adalah ia tidak memiliki teman. Dengan memintanya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, ia akan bertemu dan bersosialisasi dengan teman sebayanya.

4. Menciptakan halaman rumah yang menyenangkan

Salah satu yang membuat si kecil tertarik dengan kegiatan luar rumah adalah dengan mengubah halaman rumah menjadi taman bermain. Bangunlah rumah pohon, pasang sangkar burung dan rumah kelinci, luangkan sepetak lahan untuk si kecil menanam tanaman. Dijamin, si kecil akan lebih sering menghabiskan waktunya bermain di luar rumah.

Selalu ada cara membujuknya untuk beraktivitas di luar rumah. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan imajinasi dan kreativitas untuk membuat anak tertarik.   Namun tidak ketinggalan, aktivitas apapun yang Anda libatkan dengan si kecil, pastikan dirinya terlindung dari kuman dan bakteri setelahnya. Pastikan dirinya mencuci tangannya dengan baik dan benar, dengan air mengalir dan sabun yang bersih. Pun sekaligus Anda bisa menjadikan aktivitas mencuci tangannya sebuah kegiatan yang mendidik dan menyenangkan.


0 Komentar

Belum ada komentar