Sukses

Tips Mencegah Si Kecil Sakit Flu

Musim pancaroba adalah musim yang mengundang banyak penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering muncul adalah penyakit flu. Lantas bagaimana Anda bisa menjaga si kecil dari penyakit flu? Simak disini kiat menjaga kesehatan anak yang praktis dari anca

Klikdokter.com - Musim pancaroba adalah musim yang mengundang banyak penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering muncul adalah penyakit flu. Lantas bagaimana Anda bisa menjaga si kecil dari penyakit flu?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan  orangtua supaya si kecil terhindar dari penyakit flu. 

  • Pertama adalah menjaga kebersihan si kecil dengan baik. Ini dapat dilakukan dengan mengajarkan nya untuk selalu mencuci tangan,  terlebih lagi sebelum makan, untuk mencegah virus flu masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

Selain itu, ajarkan si kecil menutup mulutnya ketika batuk atau bersin dengan tisu. Menutup mulut ketika batuk dengan tangan adalah cara yang tidak efektif.  Menggunakan tangan tidak dapat menahan kuman menyebar ke udara dan jika lupa untuk langsung mencuci tangan maka tangan dapat menjadi sumber penyebaran kuman. Untuk itu, sediakan  selalu sabun pembersih tangan supaya mereka selalu ingat untuk membersihkan tangannya. Anda juga bisa memberikan si kecil pembersih tangan kemasan botol untuk dibawa di dalam tas sekolah mereka.

Kemudian berikutnya, hal yang harus Anda perhatikan adalah aspek nutrisi. Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Mencegah Pilek Pada Anak

Kemudian berikutnya, hal yang harus Anda perhatikan adalah aspek nutrisi. Berikut penjelasannya:

  • Kedua adalah, optimalkan asupan nutrisinya. Salah satu unsur penting untuk menangkal penyakit adalah kekebalan tubuh kita. Kekebalan tubuh anak sangat bergantung dari asupan nutrisi yang baik dan berimbang.

Latih anak untuk makan makanan sehat yang bervariasi, termasuk sayur dan buah agar kebutuhannya akan nutrisi pokok, vitamin dan mineral penting terpenuhi. Dengan demikian kekebalan tubuhnya terjaga dan dapat diandalkan untuk melawan serangan virus flu. 

  • Ketiga, ajaklah si kecil untuk aktivitas  olahraga. Satu penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Medicine menemukan bahwa perempuan yang berjalan setiap hari selama 30 menit sepanjang tahun memiliki jumlah frekuensi terkena flu hanya setengah dari jumlah frekuensi terkena flu pada perempuan yang tidak berolahraga. Dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan hubungan antara frekuensi jalan teratur dan peningkatan jumlah sel darah putih yang berfungsi memerangi infeksi.

Lalu bagaimana menerapkan penemuan ini pada aktivitas anak-anak? Anak-anak sama halnya dengan orang dewasa harus dibiasakan melakukan olahraga ataupun aktivitas fisik secara teratur. Strategi yang dapat mulai diterapkan pada anak-anak sebagai tahap awal pengenalan olahraga. 

  • Dan terakhir, yang keempat adalah vaksinasi flu. Bayi berumur 6 bulan ke atas bisa diberikan vaksinasi flu.

Apakah vaksinasi flu penting? Vaksinasi ini memang tidak termasuk dalam vaksinasi wajib. Namun, bila diibaratkan dengan mengendarai mobil, memberi si kecil vaksin flu sama seperti memakai sabuk pengaman. Bila terjadi apa-apa, Anda akan bersyukur kalau sudah memakainya. Begitu pun dengan vaksin flu. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Salam sehat selalu!

0 Komentar

Belum ada komentar