Sukses

Jerawat Pada Orang Dewasa

Siapa bilang jerawat hanya terjadi di masa puber? Jerawat juga sangat mungkin terjadi pada masa setelah puber. Bagaimana dan apa penanganan jerawat pada orang dewasa? Simak selengkapnya bersama dr. Dewi Ema Anindia disini.

Klikdokter.com - Adult Acne (AA) merupakan suatu kejadian jerawat yang muncul di usia dewasa. Hal ini tentu tidak lazim karena kebanyakan kasus jerawat muncul pada usia remaja. Pada umumnya, jerawat muncul pada usia 16-19 tahun untuk pria, usia 14-17 tahun untuk wanita,  dan masa di mana seseorang berjerawat akan berakhir di rata-rata usia 25 tahun.

Namun ada sekitar 15% kasus di mana jerawat muncul di atas usia 25 tahun, yang kerap diberi nama Adult Acne atau Post Adolescent Acne.

Jerawat sendiri timbul terutama akibat 4 hal yaitu adanya peradangan menahun di kelenjar minyak, aktifitas dari P. acnes, hiperkeratinisasi dan reaksi sistem imunitas di kulit kita. Keempat hal itu merupakan penyebab munculnya jerawat pada tubuh kita.

Apa saja keempat klasifikasi jerawat yang terjadi pada orang dewasa?

1 dari 3 halaman

Klasifikasi Jerawat Pada Orang Dewasa

Klasifikasi jerawat pada orang dewasa adalah late onset acne, persistent acne, dan acne relapse.

  • Late Onset Acne

Merupakan kasus jerawat yang muncul setelah usia 25 tahun. Kasus jerawat jenis ini bisa dibagi menjadi jerawat yang hanya berada di dagu (chin acne) dan jerawat yang muncul di seluruh tubuh (sporadic).

  • Persistent Acne

Merupakan kasus dimana jerawat timbul terus menerus dan tidak dapat hilang. Penyebab dari kasus ini adalah terapi yang kurang efektif, terapi yang tidak tepat, dan tidak adanya respon terhadap obat yang pernah diberikan.

  • Relapse

Merupakan jenis jerawat yang muncul setelah kesuksesan terapi sebelumnya. Jadi pada kasus ini, seseorang dapat sudah sembuh dari jerawat namun muncul lagi terutama diatas usia 25 tahun. Penyebab dari kasus ini adalah gangguan hormonal, faktor genetik serta faktor eksternal.

Hal yang perlu diperhatikan pada kondisi jerawat yang terjadi pada orang dewasa adalah dampak psikis yang didapat. Jika demikian, bagaimana penanganannya?

2 dari 3 halaman

Konsekuensi Psikis Jerawat Pada Orang Dewasa

dr. Sjarif M. Wasitaatmadja Sp.KK(K) di Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin 2014 di Bandung, Rabu (27/8) lalu.

Jerawat yang muncul di usia dewasa memliki beberapa konsekuensi terutama dari segi psikis seseorang.

Sebagaimana yang disampaikan dr. Sjarif M. Wasitaatmadja Sp.KK(K) pada kesempatan simposium Adult Acne: Multi-Faceted Disorder pada Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, “Kasus jerawat ini dapat memunculkan efek yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari seperti rasa percaya diri yang kurang hingga menggangu dalam pekerjaan kita sehari-hari.”

Pada program yang didukung oleh DoveMed tersebut, lebih lanjut dr. Sjarif menjelaskan; “Oleh karena itu, munculnya jerawat di usia dewasa pun harus selalu mendapatkan perhatian dan terapi sama seperti kasus munculnya jerawat di usia remaja.”  

Pengobatan jerawat pada orang dewasa sama seperti pengobatan jerawat pada usia remaja, yaitu dapat terdiri dari pemberian antibiotik, retinoin dan obat-obatan lainnya. 

Kesimpulannya adalah walaupun usia Anda sudah bukan remaja bukan berarti Anda rentan terhadap munculnya jerawat oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kebersihan wajah, serta menjaga hidup lebih sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar