Sukses

Menghilangkan Bekas Hitam Bekas Jerawat

Setelah kita berjerawat terkadang timbul bekas hitam di wajah yang dalam dunia medis disebut sebagai post Inflammatory hyperpigmentation (PIH). PIH ini biasanya timbul setelah ada peradangan pada jerawat. Berikut cara mengatasinya menurut dr. Dewi Ema Ani

Cara Menghilangkan Bekas JerawatKlikdokter.com – Setelah kita berjerawat terkadang timbul bekas hitam di wajah yang dalam dunia medis disebut sebagai post Inflammatory hyperpigmentation (PIH).

PIH ini biasanya timbul setelah ada peradangan pada jerawat. Biasanya PIH ini berbentuk makula (kelainan kulit berupa lesi datar dimana terjadi perubahan warna).

Semakin berat peradangan jerawat maka semakin berat lesi kulit ini. Memecahkan jerawat atau memegang jerawat dapat memperberat keadaan PIH ini.

Cara penanganannya pun berbeda dengan bekas jerawat yang meninggalkan luka (scar / bopeng).

1 dari 3 halaman

Cara Penanganan Bekas Hitam Jerawat

Menangani Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH).

PIH bukan merupakan bekas yang dikenal sebagai scar (bopeng), keadaan ini dapat hilang dengan berjalannya waktu walaupun tanpa pengobatan. Agar bekas ini hilang terkadang dibutuhkan waktu hingga 24 minggu. Hilangnya bekas ini sangat tergantung dari seberapa gelap bekasnya dibandingkan dengan warna kulit. Sebelum mengikuti cara menghilangkan bekas jerawat ini ada baiknya jerawat Anda sudah sembuh dahulu.

Beberapa obat yang dijual di pasaran mengandung kandungan yang dapat menyembuhkan keadaan ini seperti kombinasi dari alfa dan beta hydoxy acid (glycolic acid) , vitamin A, vitamin C, dan bahan-bahan lain yang dapat melupas kulit.

Penggunaan hidrokuinone juga sering digunakan untuk keadaan ini. Hidrokuinone bekerja dengan cara memblokade enzim yang berhubungan dengan produksi melanin, yang lantas dapat mencerahkan kulit. Krim hidrokuinone biasanya juga mengandung kandungan seperti:

  • kolic acid,
  • glycolic acid,
  • tretinoin,
  • vitamin c.
2 dari 3 halaman

Krim & Obat Oles Kulit untuk Menghilangkan Bekas Hitam Jerawat

Beberapa jenis kandungan seperti retinoidazelaic acidGlycolic acid juga disebutkan dapat berguna sebagaicara menghilangkan bekas jerawat. Teknik-teknik seperti peeling dan dermabrasi juga berguna sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang kehitaman ini.

Anda juga dapat memilih krim yang mengandung CLA (conjugated linoleic acid) yang bermanfaat memicu pertumbuhan sel kulit baru,  serta beberapa kandungan yang memiliki retinol booster (pemicu produktivitas retinol, yang membantu produksi kolagen) sehingga membantu kulit terlihat lebih kencang.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar