Diet dan Nutrisi

Manfaat Curcumin untuk Kesehatan

dr. Puti Naindra Alevia, 16 Sep 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda, curcumin merupakan kandungan aktif yang ditemukan pada kunyit dan temulawak yang dapat ditemukan di Indonesia. Sebagai zat aktif, curcumin merupakan antioksidan yang kuat. Nih kalau belum percaya simak apa kata dr. Puti Naindra Alevia disini

Manfaat Curcumin untuk Kesehatan

Klikdokter.com - Curcumin merupakan kandungan aktif yang ditemukan pada kunyit dan temulawak yang dapat ditemukan di Indonesia. Sebagai zat aktif, curcumin merupakan antioksidan yang kuat.

Antioksidan sendiri merupakan substansi yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul yang tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Selain itu, curcumin menurunkan kadar beberapa enzim dalam tubuh yang menyebabkan inflamasi. Penelitian-penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa curcumin dapat bermanfaat pada beberapa kondisi berikut:

  • Dispepsia

Curcumin menstimulasi kandung empedu untuk memproduksi empedu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi turmeric dapat mengatasi gejala kembung.

  • Kanker

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa curcumin dapat mencegah beberapa tipe kanker, termasuk prostat, payudara, kulit, dan usus besar. Efek tersebut mungkin dapat dicapai karena curcumin merupakan antioksidan yang kuat, melindungi sel dari kerusakan. Namun, diperlukan penelitian yang lebih jauh mengenai hal ini. Kanker sebaiknya tetap ditangani dengan terapi konvensional.

Beberapa manfaat curcimin bagi kesehatan lainnya:

Beberapa Manfaat Curcumin Bagi Kesehatan Lainnya:

  • Infeksi bakteri dan virus

Penelitian di laboratorium dan pada hewan menunjukkan bahwa curcumin dapat membunuh bakteri dan virus. Namun, para peneliti belum dapat membuktikan efek yang sama dapat ditemukan pada manusia.

  • Uveitis

Sebuah penelitian tahap awal menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu menangani uveitis, sebuah peradangan pada mata. Pada penelitian yang melibatkan 32 orang dengan uveitis kronik anterior tersebut, curcumin dikatakan memiliki efektivitas yang sama dengan kortikosteroid yang biasa diberikan. 

Makanan SehatsehatKunyitCurcumaCurcumin

Konsultasi Dokter Terkait