Jantung

7 Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita yang Bisa Dikenali

Siti Putri Nurmayani, 06 Okt 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada tanda khas penyakit jantung pada wanita yang bisa kamu kenali. Berikut ciri dan gejala penyakit jantung pada wanita.

7 Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita yang Bisa Dikenali

Penyakit jantung memang menjadi masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa pun, baik pria maupun wanita. Namun ternyata, ada sedikit perbedaan gejala penyakit jantung yang dialami oleh wanita. 

Mengutip dari MedlinePlus, penyakit jantung pada wanita sering kali tidak terdeteksi secara cepat. Selain itu, wanita juga lebih mungkin mengalami gejala serangan jantung yang tidak berhubungan dengan nyeri dada. 

Oleh karenanya, para wanita perlu lebih waspada. Berikut ciri-ciri penyakit jantung pada wanita yang perlu kamu perhatikan. 

Mengenal Penyakit Jantung pada Wanita

Pada umumnya, gejala penyakit jantung pada wanita sama dengan pria, yakni nyeri dada, adanya tekanan, atau rasa ketidaknyamanan yang berlangsung beberapa menit. Namun, wanita mungkin mengalami beberapa gejala yang berbeda dibanding pria. Ini disebabkan oleh perbedaan anatomi tubuh dan hormon. 

Terdapat beberapa bagian jantung dan pembuluh darah yang terpengaruhi ketika seorang wanita mengalami penyakit jantung. 

Letak sakit jantung pada wanita biasanya menyerang pembuluh darah koroner. Bahkan, National Heart, Lung, and Blood Institute mengungkapkan bahwa penyakit jantung koroner menjadi penyebab utama kematian pada wanita. 

Selain itu, bagian tubuh yang bisa terpengaruhi adalah jantung, miokardium, dan aorta. Tak hanya itu, American Heart Association mengatakan bahwa beberapa wanita juga merasakan adanya tekanan di punggung bagian atas ketika mengalami serangan jantung. 

Beragam Ciri-Ciri Sakit Jantung pada Wanita

Sedikit berbeda dengan tanda penyakit jantung pada pria, menurut dr. Nadia Octavia, gejala penyakit jantung pada wanita biasanya tampak lebih tersembunyi. Berikut sejumlah tanda penyakit jantung pada wanita:

1. Mudah Lelah

Mudah lelah atau fatigue menjadi keluhan yang sering dialami banyak orang. Ini bisa disebabkan oleh kurang istirahat, efek samping konsumsi obat, atau karena gangguan medis. 

“Namun, kelelahan ekstrem bisa menjadi gejala awal penyakit jantung. Bahkan, sebuah studi membuktikan bahwa lebih dari 70 persen penderita penyakit jantung mengalami fatigue beberapa hari hingga minggu sebelum serangan jantung,” tutur dr. Nadia. 

2. Gangguan Tidur

Disampaikan Dokter Nadia, gangguan tidur juga menjadi ciri-ciri penyakit jantung pada wanita. Beberapa wanita yang mengalami serangan jantung melaporkan adanya gejala gangguan tidur pada beberapa hari sebelum terjadi serangan jantung. 

Artikel Lainnya: Alasan Kenapa Serangan Jantung pada Wanita Lebih Berbahaya

3. Sesak Napas

Sesak napas menjadi gejala umum pada penyakit jantung. Kondisi ini juga menjadi salah satu ciri-ciri penyakit jantung pada ibu hamil. 

Apabila kamu mengalami kesulitan mengambil napas panjang namun tidak memiliki asma, segera periksakan diri ke dokter, ya!

4. Heartburn

Berdasarkan penuturan Dokter Nadia, hampir 40 persen wanita yang mengalami serangan jantung juga mengalami heartburn atau rasa terbakar di dada. Selain itu, muncul rasa tidak nyaman pada perut selama beberapa saat sebelum mengalami serangan jantung. 

“Ketika mengalami serangan jantung, wanita mengalami masalah saluran pencernaan dua kali lebih sering dibandingkan pada pria,” ungkap dr. Nadia. 

5. Cemas

Beberapa wanita mengalami kecemasan ekstrem sebagai tanda awal dari penyakit jantung. Oleh karenanya, jika kamu tiba-tiba merasa cemas tanpa alasan yang jelas dan tidak seperti biasanya, dianjurkan untuk segera mengunjungi dokter. 

6. Nyeri 

Ciri-ciri penyakit jantung lemah pada wanita adalah nyeri. Munculnya rasa nyeri ini tak hanya menyerang bagian dada, namun juga dirasakan pada area tubuh lain, seperti punggung, leher, bahu, dan lengan.

Tak jarang, rasa nyeri juga muncul di area rahang dan tenggorokan. 

Artikel Lainnya: Waspadai Serangan Jantung pada Ibu Hamil

7. Pusing dan Berkeringat

Hampir 40 persen wanita yang mengalami serangan jantung merasakan adanya keluhan pusing yang disertai dengan keringat dingin. 

Pusing yang dialami secara tiba-tiba ini juga bisa menjadi tanda dari stroke. Oleh karenanya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Nah, itu dia sejumlah ciri-ciri penyakit jantung yang bisa dialami wanita. Bila kamu merasakan gejalanya, segera minta bantuan dokter untuk mengetahui diagnosis dan pengobatan yang tepat. Manfaatkan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi online dengan dokter spesialis jantung

Yuk, #JagaSehatmu dengan cegah penyakit jantung dengan cek risiko penyakit jantung sebelum terlambat!

(NM)

Penyakit Jantung KoronerPenyakit Jantung pada Wanita

Konsultasi Dokter Terkait