HomeInfo SehatKulit4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit
Kulit

4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 09 Sep 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan asal pilih pelembap. Bukan semata soal mewaspadai kosmetik impor yang ilegal dan belum diketahui kadar keamanannya karena tidak memiliki izin edar B-POM RI, tapi ada pentingnya juga jika Anda mencermati beberahap hal berikut ini ketika hendak memil

4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit

Klikdokter.com - Kulit tercantik bukan ditentukan oleh warnanya, tapi dari kondisinya. Bayangkan saja jika wajah putih tapi kulitnya terlihat kusam atau berjerawat, tentu tidak menarik bukan?

Kulit wajah yang sehat ditandai dengan kondisi kulit yang lembap, kenyal, dan cerah. Namun cerah disini bukan berarti putih, melainkan segar dan tidak terlihat kusam. Cara paling mudah untuk mengecek kesehatan kulit adalah dengan mencubitnya, jika terasa lentur dan bentuknya langsung kembali seperti semula, itu tandanya kulit cukup sehat. Karenanya gunakan selalu moisturizer atau pelembap yang cocok dengan kondisi kulit agar kelembapannya selalu terjaga.

Sebelum memilih pelembap, sebaiknya pilih dulu mana yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda dan cermati kandungan yang dimiliki produk yang ada. Berikut ini adalah 4 panduan untuk dapat memilih pelembab lebih cermat:

Panduan Memilih Pelembap Kulit

1. Pastikan Memiliki Sun Protection

Apapun jenis kulit Anda, usahakan untuk memakai pelembap yang mengandung sunscreen atau tabir surya, terutama jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Dermatologis menyarankan mereka yang tinggal di negara tropis untuk selalu menggunakan pelembap yang mengandung sunscreen minimal 30SPF.

2. Pastikan Memiliki Kandungan Zat Antioksidan

Pelembab dengan kandungan antioksidan dapat membantu menetralkan efek radikal bebas (molekul yang dapat merusak sel kulit) pada kulit. Aman untuk kulit tipe apapun dan dapat membantu menjadikan kulit terlihat sehat dan segar. Antioksidan dapat ditemukan pada pelembap yang mengandung ekstrak green tea, chamomile, pomegranate atau licorice root.

Beberapa Hal yang Pelru Dicermati Saat Memilih Pelembap

3. Cermati Dahulu Jenis Anda:

  • Kulit Berminyak atau Mudah Berjerawat (acne-prone skin)

Jika kulit wajah Anda berminyak dan cenderung mudah berjerawat, pilihlah pelembap dengan komposisi bahan-bahan non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori wajah, salah satunya yang mengandung alpha-hydroxy acid, yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Ada baiknya Anda memilih pelembap yang berbentuk Krim yang teksturnya ringan dan memiliki bahan dasar air. Pelembap jenis ini paling cocok untuk mempertahankan kelembapan kulit tanpa membuatnya terasa lengket. 

  • Jenis kulit kering

Untuk kulit kering, gunakan pelembap dengan tekstur lebih tebal atau kental seperti Ointment (salep) atau yang mengandung Hyaluronic-acid dan Dimethicon untuk mempertahankan kadar air pada kulit. Bahan lain yang juga bermanfaat untuk menahan kadar air pada kulit adalah Glycerin, Propylene glycol, Proteins, Lanolin, Urea, Mineral Oil serta Petrolatum.

  • Jenis kulit sensitif

Jika kulit Anda sensitif dan mudah terkena iritasi, gunakan pelembap yang hypoallergenic dan tidak mengandung parfum. Untuk mudahnya, pilihlah pelembap yang menggunakan tidak lebih dari 10 bahan, karena semakin sedikit bahan maka semakin sedikit risiko reaksi alergi pada kulit.

  • Eksim

Eksim ditandai dengan kulit sangat kering, terasa gatal dan berwarna merah. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan Petroleum Jelly atau salep yang mengandung Petrolatum untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan terhindar dari kekeringan. Hindari pelembap yang mengandung Urea atau Lactic Acid karena dapat memperparah kondisi kulit.

Namun tidak dapat diluputkan, jangan sampai Anda melakukan hal berikut ini ketika menggunakan pelembap:

 

Hindari Hal Ini Dalam Menggunakan Pelembap:

4. Jangan Menggabungkan Pelembap untuk Wajah dan Badan

Wajah dan badan pada dasarnya memiliki kondisi kulit yang berbeda. Sebaiknya hindari pemakaian pelembap badan yang mengandung Lanolin, Mineral Oil, Wax dan Shea Butter pada wajah karena bahan-bahan tersebut justru dapat menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat.

kulitsehatamanpelembapCantik SehatKosmetiks

Konsultasi Dokter Terkait