HomeInfo SehatKulitHati-Hati, Stres Bisa Merusak Kulit!
Kulit

Hati-Hati, Stres Bisa Merusak Kulit!

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 09 Sep 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernahkah Anda berkaca dan menyadari kalau kulit tak bercahaya seperti biasanya? Sebelum menyalahkan skin care yang Anda gunakan atau polusi udara, coba teliti dulu bagaimana gaya hidup Anda belakangan ini. Jika stres menghampiri dan tidak segera diatasi,

Hati-Hati, Stres Bisa Merusak Kulit!

Klikdokter.com - Stres bukanlah permasalahan yang bisa disepelekan. Karena sekali ia menghampiri, maka semua aspek tubuh pun akan ikut berpengaruh, tak terkecuali kulit Anda.

Pernahkah Anda berkaca dan menyadari kalau kulit tak bercahaya seperti biasanya? Atau, ditemukan kerusakan kulit yang sebelumnya tidak pernah ada dan makin membuat rona wajah tak cerah? Sebelum menyalahkan skin care yang Anda gunakan atau polusi udara, coba teliti dulu bagaimana gaya hidup Anda belakangan ini. Jika stres menghampiri dan tidak segera diatasi, inilah yang menjadi jawaban kenapa kulit Anda berubah.

Betul, stres memang patut dihindari. Selain merusak kesehatan karena mempengaruhi keseluruhan sistem kerja organ tubuh, juga terlihat pada penampilan. Ketika seseorang stres, maka tubuh akan memproduksi kortisol untuk menekan tingkat stres dan mengisyaratkan pada kelenjar sebasea untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Inilah yang akhirnya menyebabkan datangnya jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya ketika seseorang dihimpit stres. Layaknya sebuah siklus, masalah kulit yang ditimbulkan akibat stres pun membuat masalah baru, yaitu hilangnya rasa percaya diri dan menimbulkan stres baru lain, yang akhirnya malah memperburuk keadaan.

Berikut ini adalah cara mengembalikan kulit ke kondisi semula sebelum stres:

Kondisi Kulit Stres

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kulit ke kondisinya semula sebelum stres. Beristirahat cukup, berolahraga, dan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, adalah tiga pilar utama yang perlu dilakukan. Selain itu, Anda juga perlu memanjakan kulit yang telah lelah digempur stres dengan suatu perawatan yang menyenangkan, seperti mandi.

Gunakanlah sabun dengan kandungan pelembap yang cukup, sehingga proses mandi justru akan membuatnya bersih dan tetap lembap, bukan malah membuatnya kering.

kulitStresBahayaCantik SehatKusam

Konsultasi Dokter Terkait