Sukses

6 Cara Merawat dan Mencegah Anak Eksim

Eksim bisa datang dan pergi. Di beberapa anak, eksim bisa hilang di usia sekolah. Tapi ketika remaja, khususnya masa pubertas bisa datang lagi. Kemudian bagaimana pencegahannya? Simak selengkapnya disini bersama dr. Alvin Nursalim.

Klikdokter.com - Eksim pada kulit adalah salah satu penyakit pada anak yang disebabkan oleh faktor alergi yang dimilikinya. Kulit tampak mengering dan iritasi. Peradangan bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, namun yang paling sering terkena adalah pada tangan dan kaki. Gejalanya adalah gatal-gatal menganggu yang kalau digaruk dapat membuat kulit menjadi menebal dan bisa menjadi luka sehingga timbul infeksi lanjutan pada alergi kulit ini.

Eksim bisa datang dan pergi. Di beberapa anak, eksim bisa hilang di usia sekolah. Tapi ketika remaja, khususnya masa pubertas bisa datang lagi. Perubahan hormon adalah penyebab muncul lagi. Untuk mengatasi eksim pada anak, Anda bisa melembabkan kulit dengan mengolesi salep seperti petroleum jelly. Mandi pun dapat melembabkan kulit. Tapi gunakan air hangat, jangan panas.

Selain itu, Anda bisa mempraktikan cara-cara mudah seperti di bawah ini untuk mengurangi atau mencegah eksim:

1 dari 2 halaman

Pencegahan Eksim

Selain itu, Anda bisa mempraktikan cara-cara mudah seperti di bawah ini untuk mengurangi atau mencegah eksim:

1.       Berhenti Menggaruk

Menggaruk dapat memperburuk eksim dan menyebabkan bercak kulit. Bantu anak Anda berhenti menggaruk dengan cara menghindari pakaian berbahan gatal seperti wol. Potong kuku jari mereka dan kenakan sarung tangan. Mengompres kain dingin pada titik-titik yang teriritasi bisa meringankan gatal-gatal.

2.       Jangan Berkeringat

Berkeringat bisa menyebabkan gatal pada eksim. Supaya anak Anda tetap sejuk, beri anak Anda pakaian yang berbahan katun yang bisa menyerap keringat. Usahakan rumah Anda sejuk, terutama kamar tidurnya.

3.       Hindari Alergi

Alergi dan eksim ibarat sekeping mata uang. Konsultasikan pada dokter anak tentang alergi yang dideritanya. Hindari pemicu alergi seperti hewan peliharaan, sprei yang kotor, dan jagalah rumah bebas debu dan kotoran. Ketika membersihkan rumah, gunakan penyedot debu yang memiliki HEPA filters untuk menangkap zat-zat alergen.

4.       Rileks

Stres dapat menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan untuk anak penderita eksim. Jauhi anak dari stres dan buat mereka selalu rileks. Liburan dan istirahat adalah beberapa ide supaya anak tetap rileks.

5.       Dosis Obat

Dokter biasanya akan meresepkan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid untuk gejala eksim. Jangan gunakan lebih dari dosis yang dianjurkan karena akan membuat kulit menipis.

6.       Pencegahan Infeksi

Anak yang menderita eksim akan gampang terkena penyakit infeksi kulit seperti Herpes atau Staph Infection. Waspadalah pada gejala-gejala infeksi kulit seperti demam, kulit kemerahan, benjolan atau memar. 

0 Komentar

Belum ada komentar