Kanker

5 Langkah Periksa Payudara

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 14 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kanker Payudara seringkali tidak memberikan gejala pada awalnya. Untuk itu, sangat penting bagi para wanita yang sudah memasuki usia 20 tahun untuk mulai memeriksakan payudara sendiri.

5 Langkah Periksa Payudara

KlikDokter - Kanker Payudara seringkali tidak memberikan gejala pada awalnya. Untuk itu, sangat penting bagi para wanita yang sudah memasuki usia 20 tahun untuk mulai memeriksakan payudara sendiri sehingga setiap wanita mengetahui dengan persis kondisi payudara mereka yang normal dan dapat mengetahui dengan cepat setiap perubahan yang terjadi.

Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dalam 3 posisi, yaitu:

  1. Di depan kaca
  2. Saat sedang mandi
  3. Saat berbaring

Langkah-langkah pemeriksaan payudara yang perlu dilakukan antara lain adalah:

1. Di depan kaca, perhatikanlah adanya perubahan warna kulit, permukaan kulit, pembengkakan, “lesung pipit”, atau perubahan pada puting susu.

2. Perhatikan payudara di depan kaca dalam posisi kedua lengan di samping, kedua lengan di pinggang, dan kedua lengan diangkat ke atas. Perhatikan dengan seksama bila ada perubahan yang terjadi hanya di salah satu payudara.

3. Dengan menggunakan 3 ujung jari (jari telunjuk, jari tengah, jari manis), periksalah seluruh bagian payudara dengan pola melingkar mulai dari luar ke arah dalam. Periksalah kedua payudara dan daerah ketiak. Periksalah adanya benjolan, pengerasan, perubahan kekenyalan payudara atau adanya gumpalan.

4. Saat berbaring, posisikan lengan Anda di bawah kepala kemudian dengan lengan yang berlawanan periksalah seluruh bagian payudara dengan pola gerakan memutar dengan 3 ujung jari. Periksalah juga daerah ketiak Anda.

5. Jangan lupakan untuk menekan puting susu Anda untuk memastikan adanya cairan atau darah yang keluar.

Para wanita perlu melakukan pemeriksaan payudara ini setiap bulan sekali. Jika terdapat kelainan yang tidak biasanya maka dan mengganggu dalam beberapa waktu maka perlu dikonsultasikan dengan dokter. Pada wanita mulai usia 40 tahun, pemeriksaan mammografi sebaiknya dimulai dengan rutin, terlebih pada wanita dengan riwayat adanya penderita kanker payudara sebaiknya pemeriksaan mammografi dimulai lebih dini.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

[JF]

Konsultasi Dokter Terkait