Sukses

Gigi Sensitif, Inilah 4 Penyebabnya

Gigi Sensitif, Inilah 4 Penyebabnya. Penyebab utama gigi sensitif adalah terbukanya dentin yang disebabkan hilangnya email akibat dari proses atrisi, abrasi, erosi, dan abfraksi. Lantas apa itu erosi, atrisi, abrasi, dan abfraksi? Simak lebih jauh penutur

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Gigi sensitif atau hipersensitif dentin digambarkan sebagai rasa nyeri atau ngilu akibat adanya rangsangan pada dentin yang terbuka. Rangsangan yang paling sering menyebabkan gigi sensitif adalah rangsangan dingin, kemudian rangsangan asam, manis dan panas. Rasa nyeri akibat rangsangan ini sebenarnya hanya dalam jangka waktu pendek, tapi hal ini dapat membuat Anda hilang selera makan dan bisa mempengaruhi kesehatan rongga mulut bila tidak dirawat dengan baik.

Penyebab utama gigi sensitif adalah terbukanya dentin yang disebabkan hilangnya email akibat dari proses atrisi, abrasi, erosi, dan abfraksi. Lantas apa itu erosi, atrisi, abrasi, dan abfraksi?
 

  1. Erosi Gigi

Erosi gigi adalah hilangnya atau rusaknya lapisan permukaan gigi atau lapisan email yang disebabkan oleh asam. Paparan asam yang terus menerus pada permukaan gigi menyebabkan email jadi lunak yang lama kelamaan gigi akan kehilangan lapisan emailnya. Jadi dapat dikatakan erosi gigi disebabkan oleh aktivitas kimiawi, bukan oleh bakteri.

 

Penyebab erosi gigi berasal dari:

·         Makanan dan minuman bersifat asam seperti minuman soda dan minuman buah-buahan.

·         Penyakit di saluran pencernaan seperti Gastro Esephagul Reflux Disease (GERD) dan penyakit lain yang terkait dengan seringnya muntah seperti bulimia.

·         Mulut kering.

·         Obat-obatan atau suplemen yang menyebabkan mulut kering atau mengandung zat bersifat asam yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama.
 

  1. Atrisi Gigi

Atrisi gigi merupakan kerusakan pada permukaan gigi atau restorasi akibat kontak antar gigi selama pengunyahan atau karena adanya kelainan fungsi. Seperti pada kelainan bruxism atau kebiasaan mengerat gigi.
 

  1. Abrasi

Merupakan keadaan abnormal di mana dentin terbuka karena lapisan email yang hilang dan terkikis. Abrasi ini disebabkan oleh kebiasaan yang salah dalam menyikat gigi, seperti menyikat gigi yang terlalu kuat dan menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras dan Arah menyikat gigi yang salah yaitu  horizontal dari kiri ke kanan, atau tidak dari gusi ke gigi juga dapat menyebabkan abrasi

 

  1. Abfraksi Gigi

Abfraksi merupakan kerusakan permukaan gigi pada daerah pertemuan antara gigi dan gusi (servikal). Ditandai dengan pembentukan retakan yang dangkal dan takik pada gigi pada daerah servikal gigi, dan biasanya terjadi pada gigi yang mengalami tekanan yang berlebihan pada bagian kunyah.

Nah, sekarang Anda mengenali penyebab gigi sensitif. Jagalah kesehatan gigi & gusi Anda dengan baik. Gunakanlah pasta gigi khusus gigi sensitif yang tidak hanya mengurangi rasa ngilu, tetapi juga membantu menyelesaikan masalah sampai ke akarnya*. Pilih pasta gigi dengan kandungan HAP Mineral dan Potassium Citrate yang dapat mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik^ dan dapat masuk ke saluran dentin yang terbuka sehingga membantu mencegah rasa ngilu mencapai syaraf gigi

0 Komentar

Belum ada komentar