Sukses

Gigi Palsu Solusi Gigi Ompong

Salah satu perawatan yang paling sering dilakukan oleh seorang dokter gigi adalah pencabutan. Hal ini menunjukkan tingkat kebutuhan terhadap penggunaan gigi palsu juga tinggi, karena gigi yang telah dicabut sebaiknya tidak dibiarkan lama dalam masa ompong

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Salah satu perawatan yang paling sering dilakukan oleh seorang dokter gigi adalah pencabutan. Hal ini menunjukkan tingkat kebutuhan terhadap penggunaan gigi palsu juga tinggi, karena gigi yang telah dicabut sebaiknya tidak dibiarkan lama dalam masa ompong dan digantikan dengan gigi palsu.

Kehilangan gigi ini menyebabkan gangguan seperti kesulitan dalam pengunyahan, gangguan fungsi bicara dan nilai esetetik yang berkurang. Hal tersebut dapat diperbaiki dengan menggunakan gigi palsu/tiruan, selain memperbaiki fungsi pengunyahan dan bicara tentu saja dapat membuat kembali tersenyum dan tertawa tanpa harus merasa malu seperti pada saat ompong.

Berikut ini adalah berbagai jenis gigi tiruan:

-            Gigi tiruan lengkap

Jenis ini berfungsi menggantikan seluruh gigi yang telah hilang pada 1 rahang, baik rahang atas maupun rahang bawah atau kedua-duanya.  Penggunaan gigi tiruan ini dalam rongga mulut dilakukan setelah pencabutan gigi dan menunggu sampai luka pencabutan sembuh sekitar 8-12 minggu. Apabila pasien tidak menginginkan adanya masa ompong maka gigi tiruan dapat langsung dipasang dalam mulut dan gigi tiruan ini dikenal dengan nama immediate denture. Untuk kecekatan dan kestabilan gigi tiruan lengkap dalam mulut maka dapat dibantu dengan implant yang ditanam pada tulang, tetapi tidak selalu harus dengan menggunakan implant.  

-            Gigi tiruan sebagian

Gigi tiruan sebagian lepas digunakan untuk menggantikan beberapa gigi yang hilang, dengan bagian mahkota gigi palsunya melekat pada bagian dasar yang berwarna menyerupai warna gusi dan juga terdapat cengkram dari logam yang dikaitkan pada gigi asli guna menjaga kestabilan gigi palsu didalam mulut. Design dari gigi palsu ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan gigi pasien.

Gigi tiruan lainnya yang mengantikan 1 atau lebih gigi yang hilang disebut bridge, berbeda dengan gigi tiruan lepasan sebagian, bridge ini tidak dapat dilepas atau bersifat permanen karena gigi tiruan ini direkatkan dengan semen khusus pada gigi asli sebelahnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

0 Komentar

Belum ada komentar