Sukses

Makanan yang Bagus untuk Gigi

Memilih makanan sehari-hari untuk dikonsumsi mutlak dilakukan demi menjaga kesehatan. Hal ini bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum saja tetapi juga untuk menjaga kesehatan gigi juga

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Menjaga kesehatan tubuh perlu diimbangi dengan menjaga pola makan yang baik dan benar.  Selain rajin berolahraga, asupan bagi tubuh juga perlu diperhatikan.  Tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat tidak memperhatikan makanan dan minuman yang mereka konsumsi dan yang lebih menyedihkan lagi malah terkadang beberapa dari masyarakat tidak tercukupi kebutuhan akan konsumsi makanannya.

Kaitan Makanan dengan Kesehatan Gigi

Memilih makanan sehari-hari untuk dikonsumsi mutlak dilakukan demi menjaga kesehatan. Hal ini bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum saja tetapi juga untuk menjaga kesehatan gigi juga.  Kerusakan gigi akibat makanan dapat disebabkan oleh jenis makanan tertentu dan juga oleh pola konsumsi yang salah. Hindarilah nyemil makanan dan minuman yang manis pada saat diantara waktu makan, karena hal tersebut dapat memperbesar risiko gigi berlubang. Apabila ingin nyemil maka sebaiknya konsumsilah makanan dengan nutrisi yang baik. (Baca: Pola Makan Sehat)

Kerusakan Gigi Akibat Jenis Makanan Tertentu

Masyarakat seperti sudah paham betul bahwa permen adalah makanan yang tidak baik bagi kesehatan gigi anak. Tetapi apakah masyarakat juga paham bahwa bukan hanya permen saja yang tidak baik dan juga bukan hanya pada anak-anak saja hal tersebut berdampak buruk. Makanan dengan kandungan gula yang cukup tinggi merupakan makanan yang dapat memicu terjadinya gigi berlubang (baca: Gula Adalah Penyebab Gigi Berlubang).  Gula dapat dirubah oleh bakteri menjadi asam yang merusak permukaan gigi dan selanjutnya gigi menjadi berlubang.

Contohnya minuman soda yang merupakan minuman dengan kandungan gula yang cukup tinggi, dan selain itu asam yang terkandung dalam minuman soda juga dapat merusak permukaan gigi. Selain makanan dengan kandungan gula, makanan yang bersifat asam juga tidak baik untuk kesehatan gigi karena gigi akan mengalami erosi dimana lapisan terluar gigi akan rusak, terkikis atau hilang akibat paparan asam dari makanan tersebut. (Baca: Rajin Sikat Gigi Tapi Kok Gigi Masih Berlubang?)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM

0 Komentar

Belum ada komentar