Sukses

Ketika Gigi Perlu di Rontgen

Tahukah Anda bahwa foto rontgen/x-ray merupakan suatu bagian yang penting dalam bidang kedokteran gigi? Simak selengkapnya oleh drg. Arni Maharani disini.

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Tahukah Anda bahwa foto rontgen/x-ray merupakan suatu bagian yang penting dalam bidang kedokteran gigi? Berbagai macam kasus atau keadaan yang dialami oleh seorang pasien gigi memerlukan foto rontgen/x-ray guna menegakkan diagnosa dan membantu dalam menentukan tindakan yang tepat.

Rontgen / X-ray ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai keadaan rongga mulut dan  gigi dari seorang pasien terutama gambaran pada jaringan keras yaitu tulang dan gigi. Dengan menggunakan rontgen / x-ray, seorang dokter gigi juga dapat mendeteksi berbagai hal yang terkait dengan keadaan infeksi dalam rongga mulut dan sesegera mungkin mengambil tindakan agar penyakitnya tidak bertambah parah.

Keuntungan penggunaan rontgen / x-ray:

  1. Mendeteksi lubang pada gigi yang tidak dapat terdeteksi hanya melalui pemeriksaan klinis atau dilihat secara langsung.
  2. Dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan gigi anak yang belum tumbuh keluar dan masih terdapat didalam tulang rahang pada pasien anak-anak.
  3. Mendeteksi adanya kelainan pada tulang rahang dan kelainan di dalam gusi.
  4. Mendeteksi adanya kelainan berupa tumor.
  5. Mendeteksi gigi yang tidak tumbuh secara sempurna/ gigi impaksi seperti ditemukan pada banyak kasus gigi graham bungsu.

Apakah berbahaya?

Bahaya radiasi akan penggunaan rontgen / x-ray terhadap tubuh tidak perlu dikhawatirkan, karena radiasi yang diterpancar dari alat ini cukup kecil. Selain itu juga ada beberapa prosedur yang harus dilakukan pada saat proses penggunaan mesin rontgen / x-ray sebagai perlindungan terhadap tubuh seperti menggunakan apron/pelindung khusus untuk tubuh. 

Apabila Anda mempunyai masalah dengan kesehatan gigi serta rongga mulut dan Anda harus melakukan foto rontgen/x-ray maka ada hal yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

0 Komentar

Belum ada komentar