Sukses

Kebiasaan Penyebab Gigi Menjadi Sensitif

Kebiasaan Penyebab Gigi Menjadi Sensitif. Gigi sensitif terjadi dikarenakan terbukanya dentin yang merupakan bagian dibawah lapisan terluar gigi (email).. Hilangnya lapisan email yang menutupi dentin dan terjadinya gigi sensitif ini terkait dengan beber

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Gigi sensitif adalah timbulnya rasa yang tidak nyaman pada gigi berupa rasa sensitif atau ngilu yang tajam,  dikarenakan adanya rangsangan yang dapat berasal dari makanan yang dingin, panas, asam dan manis atau bisa juga karena terkena udara pada saat bernapas melalui mulut.

Gigi sensitif terjadi dikarenakan terbukanya  dentin yang merupakan bagian dibawah lapisan terluar gigi (email). Hilangnya lapisan email yang menutupi dentin dan terjadinya gigi sensitif ini terkait dengan beberapa faktor yaitu atrisi, abrasi dan erosi.

Berikut adalah kebiasaan yang dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif

  • Akibat dari makanan & Minuman
    Konsumsi terus menerus dalam jumlah tinggi makanan dan minuman yang mengandung asam seperti minuman soda, jus buah, yogurt, acar, pempek dan lainnya dapat menyebabkan terjadinya erosi  yaitu  larutnya mineral-mineral gigi. Kebiasaan buruk seperti menghisap-hisap jeruk dan menahan minuman asam dalam mulut sesaat sebelum menelannya juga dapat menyebabkan erosi gigi
  • Cara Menyikat Gigi yang Salah
    Menyikat gigi yang salah, menyikat gigi terlalu kuat atau menggunakan bulu sikat yang keras  dapat menyebabkan abrasi dimanagusi menjadi turun sehingga bagian akar gigi akan terbuka dan menyebabkan gigi sensitif.
  • Bruxism
    Bruxism adalah kebiasaan menggesek-gesekkan gigi rahang atas dengan rahang bawah dapat menyebabkan atrisi yaitu hilangnya email di permukaan kunyah gigi. Bruxism biasanya terjadi tanpa kita sadari ketika kita tidur.
Untuk mengatasi masalah gigi sensitif biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi ini biasanya mengandung bahan-bahan yang bersifat desensitizer guna menghambat rangsangan seperti Pepsodent Sensitive Expert dengan kandungan Hydroxyapatite (HAP) Mineral dan Potassium Citrate yang membantu mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik, dan kandungan Sodium Monofluorophosphate yang mampu memperbaiki lubang yang tak kasat mata Namun apabila keluhan gigi sensitif masih ada dan bertambah parah maka harus diperiksakan ke dokter gigi untuk dicari lebih lanjut apa akar permasalahannya. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM/ADV)

0 Komentar

Belum ada komentar