Sukses

3 Kebiasaan yang Merusak Email Gigi

3 Kebiasaan yang Merusak Email Gigi. Email gigi adalah permukaan paling keras dari tubuh manusia dan juga merupakan lapisan terluar dari gigi yang melindungi jaringan di bawahnya yang terdiri dari dentin dan pulpa. Email gigi terbentuk dari mineral Hydrox

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Email gigi adalah permukaan paling keras dari tubuh manusia dan juga merupakan lapisan terluar dari gigi yang melindungi jaringan di bawahnya yang terdiri dari dentin dan pulpa. Email gigi terbentuk dari mineral Hydroxyapatite atau HAP. Nah, bila mineral dalam email ini terkikis dan rusak, dapat menyebabkan dentin dibawahnya menjadi terekspos. Dentin merupakan lapisan dalam gigi yang terdiri dari tubuli dentin yang menghubungkan rangsang dari luar ke dalam saraf gigi. Sehingga apabila terdapat pemicu seperti makanan minuman yang panas, dingin, asam dan manis dapat menyebabkan gigi menjadi merasa sakit atau ngilu.

Untuk mencegah kerusakan pada email, segera hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti:

  1. Minum minuman bersoda
    Sering mengonsumsi minuman asam atau bersoda yang dapat mengikis email gigi. Jadi hindarilah minuman seperti minuman soda, jus jeruk, anggur, minuman energi, permen karet yang asam dan lemon.

  2. Menyikat gigi terlalu keras
    Menyikat gigi dengan tekanan yang terlalu keras dapat mengikis email gigi dan membuat gusi menjadi resesi atau mengalami penurunan. Hal ini  yang menyebabkan gigi menjadi sensitif. Dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan biasakan menggosok gigi dengan gerakan vertikal dari atas kebawah dan melingkar, bukan dari sisi ke sisi atau horizontal.

  3. Mengigit benda yang keras
    Gigi dibuat untuk menggigit dan menguyah makanan bukan untuk membuka benda yang keras. Kebiasaan ini dapat menimbukan keretakan pada gigi yang berakibat gigi patah.

Nah, oleh karena itu hindarilah kebiasaan yang dapat merusak email gigi. Serta disarankan memakai sikat gigi berbulu halus dan menggunakan pasta gigi yang mengandung HAP dan Fluoride yang memberikan perlindungan 50% pada email gigi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM/HM)

0 Komentar

Belum ada komentar