Sukses

4 Cara Menjaga Gusi Tetap Sehat

4 Cara Menjaga Gusi Tetap Sehat. Selain kesehatan gigi, jangan anggap remeh kesehatan gusi. Gusi adalah rumah bagi gigi. Jadi kesehatan gigi, berawal dari gusi yang sehat. Masalahnya, banyak yang tidak tahu hal ini. Faktanya, sebanyak 60% masyarakat Indon

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Selain kesehatan gigi, jangan anggap remeh kesehatan gusi. Gusi adalah rumah bagi gigi. Jadi kesehatan gigi, berawal dari gusi yang sehat. Masalahnya, banyak yang tidak tahu hal ini. Faktanya, sebanyak 60% masyarakat Indonesia mengeluh tentang gusinya sakit.

Penyakit gusi bermula dari plak yang merupakan kumpulan dari sisa makanan, produk bakteri dan air liur. Bila tidak dibersihkan, plak dapat menyebabkan gingivitis, atau peradangan gusi. Gejalanya, gusi terlihat merah, bengkak dan berdarah saat menyikat gigi. Kalau gingivitis dibiarkan akan menjadi periodontitis di mana infeksi akan menjalar ke tulang dan jaringan pendukung gigi. Periodontitis ini jika dibiarkan dapat menyebabkan hilangnya tulang pendukung gigi yang dapat menyebabkan gigi tanggal.

Jadi bagaimana cara menjaga gusi tetap sehat?

  1. Menyikat gigi dengan benar. Caranya adalah dengan menyikat gigi secara vertikal yaitu dari arah gusi ke gigi. Pastikan seluruh permukaan gigi tersikat, jangan tergesa-gesa biasanya memakan waktu 2 – 3 menit  dan gunakan tekanan yang sedang saat menyikat gigi.

  2. Gunakan pasta gigi yang mengandung Zinc Citrate yang berfungsi melindungi mulut dari bakteri dan plak selama 24 jam serta menjaga kesehatan gusi.

  3. Pastikan pula, pasta gigi yang Anda pakai mengandung vitamin E, antioksidan yang dapat  melindungi dari radikal bebas.

  4. Rajin sikat gigi pada waktu yang tepat dan dianjurkan oleh dokter gigi yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Segera lakukan 4 langkah diatas jika Anda ingin gusi tetap sehat. Anda pun harus menjaga gusi dan gigi sehat selalu. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM/HM)
 

0 Komentar

Belum ada komentar