Sukses

Awas Jadi Cepat Sensi karena Gigi Sensitif!

Awas Jadi Cepat 'Sensi' karena Gigi Sensitif! Gigi sensitif banyak menjadi masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang. Karena akibat dari gigi sensitif urusan sesederhana seperti makan dan minum yang terlalu panas atau dingin bisa jadi membuat orang mer

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Gigi sensitif banyak menjadi masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang. Karena akibat dari gigi sensitif urusan sesederhana seperti makan dan minum yang terlalu panas atau dingin bisa jadi membuat orang meringis menahan rasa sakit dan merusak kenikmatan kuliner. Alhasil, selera jadi buyar dan perasaan hati menjadi gundah gulana dan sensitif sulit diajak berhumor. Meminjam istilah populer pergaulan jaman sekarang, perasaan hati menjadi 'sensi' (sensitif).

Jangankan meringis menahan rasa sakit pada gigi sensitifketika makan es krim ataupun ketika minum minuman dingin, pada beberapa kondisi, sekedar menarik napas dari mulut bisa jadi menimbulkan sensasi ngilu yang membuat paras rupawan menjadi meringis kesakitan.

Kok Bisa Ngilu?

Agar mekanisme gigi sensitif dapat dipahami, ada baiknya kita melihat lagi anatomi gigi. Gigi terdiri dari lapisan-lapisan. Struktur gigi terluar adalah yang paling keras bahkan di tubuh kita, disebut email. Email bisa keras karena tersusun oleh kristal hidroksi apatit. Di bawah email terdapat dentin yang terdiri dari tubuli atau pori,. Dentin berbatasan dengan ruang pulpa yang berisi serabut saraf. Ujung serabut saraf ini ada yang terletak di ujung tubuli dentin.  Bila ada rangsangan, serabut saraf yang terletak di ujung tubuli dentin akan terstimulasi, maka timbullah rasa ngilu. Rangsangan ini contohnya rangsangan thermal (suhu panas/dingin), terutama dingin.

Lalu Bagaimana Solusinya?

Berikut beberapa langkah mudah namun penting untuk mengatasi masalah gigi sensitif:

  1. Jangan menyikat gigi dengan tekanan yang terlalu kuat karena dapat menipiskan lapisan email. Dianjurkan memakai sikat gigi dengan bulu halus dan menyikat gigi dengan tekanan yang tepat.
  2. Hindari makanan/minuman yang mengandung asam dan minuman bersoda
  3. Menjaga kesehatan gigi dengan membersihkannya minimal dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
  4. Sering berkunjung ke dokter gigi secara rutin untuk memeriksakan kondisi gigi Anda.

Gunakanlah pasta gigi khusus gigi sensitif yang tidak hanya mengurangi rasa ngilu, tetapi juga membantu menyelesaikan masalah sampai ke akar masalah gigi sensitif. Pilih pasta gigi dengan kandungan HAP Mineral dan Potassium Citrate yang dapat mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik^ dan dapat masuk ke saluran dentin yang terbuka sehingga membantu mencegah rasa ngilu mencapai syaraf gigi#. Selain itu kandungan Zinc Citrate di dalamnya dapat menjaga kesehatan gusi sehingga mengurangi risiko timbulnya gigi sensitif di kemudian hari. Jadi tunggu apalagi, atasi gigi ngilu Anda segera!

Segeralah merawat gigi Anda dengan baik agar tidak terkena gigi sensitif. Tidak main-main, dampaknya bisa ke pergaulan. Ketika gigi sedang mendapatkan ‘serangan’ gigi sensitif, dan kebetulan ada teman yang mengajak bercanda. Bukannya ikut tertawa malah marah-marah alias jadi cepat sensi.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](ADV/HM)

 

*Mengacu pada akar masalah gigi sensitif
^ Dengan aplikasi langsung menggunakan ujung jari pada gigi sensitif selama 30 detik, berdasarkan studi klinis internal
# Studi klinis internal Unilever

0 Komentar

Belum ada komentar