Sukses

Gigi Sensitif, Apa Perlu Ditakuti?

Gigi Sensitif, Apa Perlu Ditakuti? Jika Anda mengalami rasa ngilu yang singkat dan tajam di gigi setelah minum air dingin atau mengonsumsi makanan asam, manis, atau panas artinya Anda memiliki gigi yang sensitif. Masalah gigi sensitif memang jadi masalah

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Jika Anda mengalami rasa ngilu yang singkat dan tajam di gigi setelah minum air dingin atau mengonsumsi makanan asam, manis, atau panas artinya Anda memiliki gigi yang sensitif. Masalah gigi sensitif memang jadi masalah sensitif bagi yang mengalaminya. Makan dan minum pun tidak enak lagi gara-gara ngilu di gigi yang rasanya bisa sampai ke kepala.

Gigi sensitif disebabkan oleh dentin yang terbuka dan seringkali disebabkan oleh dua hal, yakni turunnya gusi kearah akar gigi dan erosi email gigi. Email dan gusi berfungsi sebagai pelindung dentin yang merupakan lapisan di bawah email gigi. Dentin merupakan lapisan yang terhubung langsung ke syaraf. Jadi bila dentin terbuka akibatnya rangsangan dari makanan dingin, asam, manis,  atau panas dapat diteruskan ke saraf gigi dan menimbulkan rasa ngilu yang menusuk tetapi berlangsung singkat. Inilah yang disebut dengan gigi sensitif.

Berbeda dengan penyakit gigi lain yang biasanya ada hubungannya dengan usia, masalah gigi sensitif bisa dialami oleh siapa saja. Tapi jangan khawatir. gigi sensitif bisa dihindari. Anda dapat menghindari berbagai hal yang bisa menyebabkan dentin terbuka. Mulai dari menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam tinggi, cara menyikat gigi dengan teknik yang salah dan tekanan yang terlalu keras, penyakit gusi hingga memiliki kebiasaan menggesek-gesekkan gigi pada keadaan sadar atau tidak sadar (bruxism). 

Selain itu, pastikan Anda rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi jenis ini mengandung bahan-bahan yang dapat meredakan rasa ngilu dan  membantu menyelesaikan masalah sampai ke akarnya* di gigi seperti:

  1. Kandungan HAP Mineral dan Potassium Citrate yang dapat mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik^ dan dapat masuk ke saluran dentin yang terbuka sehingga membantu mencegah rasa ngilu mencapai syaraf gigi#.
  2. Sodium Monofluorophospate yang memperbaiki lubang tak kasat mata untuk mempertahankan kekuatan gigi lebih lama.
  3. Zinc Citrate di dalamnya dapat menjaga kesehatan gusi sehingga mengurangi risiko timbulnya gigi sensitif di kemudian hari

Mudah kan cara mengatasi gigi ngilu? Tapi bila rasa ngilu di gigi tidak kunjung membaik dan berkurang, maka sebaiknya Anda memeriksanya ke dokter gigi. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

 

*Mengacu pada akar masalah gigi sensitif


^ Dengan aplikasi langsung menggunakan ujung jari pada gigi sensitif selama 30 detik, berdasarkan studi klinis internal
# Studi klinis internal Unilever

 

(ADV/HM)


0 Komentar

Belum ada komentar