Sukses

Tips Mengatasi Abrasi Gigi

Tips Mengatasi Abrasi Gigi. Ciri khas gigi Anda mengalami abrasi adalah terbentuknya lekuk V pada bagian daerah dekat gusi. Salah satu yang dirasakan bagi penderita abrasi gigi adalah gigi sensitif. Banyak penyebab gigi mengalami abrasi, seperti...

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Ketika minum atau makan panas atau dingin, Anda merasa ngilu yang menyiksa? Nah, ada kemungkinan Anda mengalami gigi sensitif yang salah satunya dapat disebabkan oleh abrasi gigi.

Pada dasarnya, abrasi gigi adalah kondisi hilangnya struktur email gigi akibat keausan mekanik yang disebabkan oleh adanya gesekan yang terlalu kuat dan terus menerus. Penyebab terjadinya abrasi gigi pun bermacam-macam. Salah satunya adalah kebiasaan buruk dalam merawat gigi. Proses abrasi berjalan lama dan lambat sampai timbul tanda serta gejalanya.

Ciri khas gigi Anda mengalami abrasi adalah terbentuknya lekuk V pada bagian daerah dekat gusi. Salah satu yang dirasakan bagi penderita abrasi gigi adalah gigi sensitif.

Banyak penyebab gigi mengalami abrasi:

  1. Menyikat gigi terlalu keras


    Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras dan cara menggosok gigi yang salah dapat menyebabkan abrasi gigi. , Tekanan yang keras dari bulu sikat yang terus menerus  dan cara menyikat gigi dari kiri ke kanan atau tidak dari arah gusi ke gigi akan membuat kerusakan lapisan email gigi dan resesi gusi.
  2. Kawat gigi yang terlalu mencengkram


    Kawat gigi atau cengkram pada gigi tiruan yang terlalu keras akan menimbulkan tekanan pada gigi  ketika mengunyah makanan. Hal ini dapat merembet ke abrasi gigi yang parah dan bahkan kegoyangan gigi.
  3. Kebiasaan-kebiasaan tertentu


    Ternyata ada kebiasaan tertentu yang dapat menyebabkan gigi menjadi abrasi seperti kebiasaan menggunakan tusuk gigi, kebiasaan menggigit benda-benda keras seperti pensil, kuku, pulpen atau pipa rokok.

Tapi jangan khawatir abrasi ini dapat dicegah dan dihindari, berikut beberapa caranya

  1. Menghilangkan kebiasaan-kebiasan yang dapat mencetuskan terjadinya abrasi itu sendiri, seperti menghilangkan kebiasan menggigit benda keras.
  2. Pemilihan sikat gigi yang baik dan benar dan menerapkan cara menyikat gigi yang benar. Salah satu penyebab abrasi adalah menyikat gigi terlalu keras. Ini dapat dihindari dengan memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang soft atau lembut agar tidak merusak lapisan gigi.

Nah, sekarang Anda mengenali penyebab dan cara mencegah abrasi gigi. Berhati-hatilah ketika menggunakan sikat gigi dan tusuk gigi. Daripada mengeluh tidak bisa makan enak, lebih baik mencegah abrasi gigi mulai sekarang.

Gunakanlah pasta gigi khusus gigi sensitif yang tidak hanya mengurangi rasa ngilu, tetapi juga membantu menyelesaikan masalah sampai ke akarnya*. Pilih pasta gigi dengan kandungan HAP Mineral dan Potassium Citrate yang dapat mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik^ dan dapat masuk ke saluran dentin yang terbuka sehingga membantu mencegah rasa ngilu mencapai syaraf gigi. Selain itu kandungan Zinc Citrate di dalamnya dapat menjaga kesehatan gusi sehingga mengurangi risiko timbulnya gigi sensitif di kemudian hari. Jadi tunggu apalagi, atasi gigi ngilu Anda segera.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat![](AM)

 

0 Komentar

Belum ada komentar