Sukses

Gigi Kelainan Bentuk?

Pernahkah anda terbayang dengan gigi yang dikatakan kelainan bentuk? Apabila Anda belum pernah melihat gigi dengan bentuk yang tidak biasa maka kemungkinan besar tidak dapat membayangkannya seperti apa. Simak selengkapnya disini bersama drg. Arni Maharani

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com  - Pernahkah anda terbayang dengan gigi yang dikatakan kelainan bentuk? Apabila Anda belum pernah melihat gigi dengan bentuk yang tidak biasa maka kemungkinan besar tidak dapat membayangkannya seperti apa.

Selain terdapat kelainan dari jumlah gigi yang tumbuh didalam mulut terdapat juga kelainan yang gigi berupa bentuk yang tidak normal begitu juga ukurannya yang bisa berbeda dengan variasi normal ukuran gigi. Gigi dengan ukuran yang lebih kecil dari variasi normal ukuran gigi disebut mikrodont dan sebaliknya gigi yang lebih besar dari ukuran variasi normal disebut makrodont.

Terkadang kelainan bentuk gigi ini tidak hanya pada bagian mahkota gigi saja atau bagian yang terdapat diatas gusi melainkan juga dapat meliputi seluruh bagian gigi. Dari sekian banyak kelianan bentuk yang terjadi pada gigi, kelainan bentuk yang paling banyak adalah bentuk peg-shaped atau conus pada gigi seri rahang atas. Ukuran dan bentuk gigi yang mengalami kelainan ini lebih banyak terjadi  pada gigi tetap dibandingkan dnegan gigi susu.

Penyebab dari hal ini bersifat multifakorial, dimana penyebab dari kelaian bentuk serta ukuran gigi ini hampir sama dengan penyebab kelainan jumlah gigi yang tumbuh didalam mulut, yaitu faktor lingkungan yang berkombinasi dengan faktor poligenik.

Walaupun tidak berakibat serius tetapi keadaan ini juga dapat menimbulkan beberapa akibat yang akan mengganggu. Terdapat beberapa prosedur medis yang berfungsi untuk menangani keadaan ini dan masing-masing prosedur tersebut disesuaikan dengan keadaan dari kelaianan yang ada.

Beberapa akibat yang mungkin terjadi, meliputi :

  • Gangguan secara estetik

  • Gigi sebelahnya akan bergeser.

  • Garis tengah dari susunan gigi/midline akan bergeser.

  • Mengunyah pada 1 sisi.

  • Kelainan fungsi dari lidah.

  • Gigi antagonis atau gigi lawannya akan tumbuh secara berlebihan. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](AM)

1 Komentar

  • Reni Anggrini

    Dokter saya mengalami bentuk gigi yang tidak rapih dan disitu saya coba untuk memakai behel secara tidak resmi.. Malah membuat memperburuk gigi saya lalu saya coba datang ke dental untuk memasang orthodentic apakah bisa berubah menjadi baik dan rapih? Lalu saya mau manya apakah suatu saat saya sudah selesai pemakaian orthodentic akan merubah bentuk gigi saya seperti semula menjadi tidak rapih?