Sukses

Tetap Unjuk Gigi di Usia Lanjut

Tetap Unjuk Gigi di Usia Lanjut. Penyakit gusi seringkali menjadi penyebab utama dari kasus hilangnya gigi pada lansia. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan mengunyah pada lansia yang menyebabkan pemakaian gigi tiruan sangat diperlukan pada usia lanjut. Na

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Ketika menginjak usia lanjut, daya tahan tubuh kita akan menurun sehingga mengakibatkan risiko keluhan penyakit bermunculan. Kondisi ini tidak luput dari berbagai macam faktor, salah satunya adalah kesehatan gigi.

Padahal di tahap lanjut usia menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, lansia sangat rentan pada gangguan penyakit dan berisiko lebih parah pada kondisi kesehatan tubuh.

Kasus kesehatan gigi dan mulut pada lansia yang umumnya rentan terjadi adalah penyakit periodontal yaitu infeksi pada gusi danjaringan pendukung gigi. Penyakit gusi seringkali menjadi penyebab utama dari kasus hilangnya gigi pada lansia. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan mengunyah pada lansia yang menyebabkan pemakaian gigi tiruan sangat diperlukan pada usia lanjut. Nah, agar lansia masih bisa unjuk gigi, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Menggosok Gigi
    Meskipun dalam usia lanjut, usahakan senantiasa disipilin menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut dan gunakanlah pasta gigi berfluoride serta mengandung microgranules dan zinc citrate untuk membersihkan hingga ke sela-sela gigi, menghilangkan bakteri dan plak yang menumpuk di gigi serta mecegah terbentuknya karang gigi.

  2. Flossing
    Membersihkan gigi pada bagian selah atau interdental merupakan suatu yang penting dilakukan dan sangat diajurkan. Penggunaan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan daerah tersebut dari plak gigi selain untuk menjaga kebersihan gigi dan kesehatan gigi bertujuan juga untuk menjaga kesehatan gusi.

  3. Menjaga pola makan dan menghindari kebiasaan merokok
    Penyakit gusi sangat berhubungan dengan penyakit di bagian tubuh lain seperti diabetes mellitus dan infective endocarditis, oleh karena itu stop merokok, mencegah obesitas dan menjaga pola makan yang bergizi sangat penting.

  4. Berkumur
    Berkumurlah dengan obat kumur untuk membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi dan memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut.

  5. Minum Air Putih
    Air putih dapat meningkat produksi air liur dalam mulut untuk mencegah mulut kering. Minumlah air minimal 2 liter sehari untuk menjaga kesehatan tubuh maupun gigi dan jaringan sekitarnya.

  6. Merawat Gigi Tiruan
    Gigi tiruan yang tidak diperhatikan kebersihannya bisa menjadi sarang bakteri. Maka ketika menjelang tidur lepaskanlah gigi tiruan dan  rendam dalam air bersih atau cairan khusus.

  7. Berkunjung Kedokter Gigi
    Lakukanlah pemeriksaan  ke dokter gigi secara berkala terutama untuk pembersihan karang gigi. Jangan tunggu keluhan muncul kemudian baru ke dokter gigi, tapi segeralah dan prioritaskan rutin periksa berkala ke dokter gigi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM/DA)

0 Komentar

Belum ada komentar