Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan Anak4 Cara Si Kecil Bebas Radang Gusi
Kesehatan Anak

4 Cara Si Kecil Bebas Radang Gusi

Tim Redaksi KlikDokter, 01 Agt 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

4 Cara Si Kecil Bebas Radang Gusi. Ketika menemani si kecil menyikat gigi, apakah Anda melihat darah di sikat gigi? Hati-hati. Si kecil mungkin saja mengalami gingivitis marginalis kronis atau peradangan gusi yang banyak dijumpai pada anak. Gejala-gejalan

4 Cara Si Kecil Bebas Radang Gusi

Ketika menemani si kecil menyikat gigi, apakah Anda melihat darah di sikat gigi? Hati-hati. Si kecil mungkin saja mengalami gingivitis marginalis kronis atau peradangan gusi yang banyak dijumpai pada anak. Gejala-gejalanya adalah perubahan warna, ukuran, konsistensi, dan bentuk permukaan gusi.

Secara umum, gingivitis marginalis kronis disebabkan oleh menumpuknya plak dan bakteri pada gigi pada waktu yang lama. Jika tidak dibersihkan, plak akan mengeras menjadi karang gigi. Bakteri lalu berkembang biak di karang gigi dan mulai mengiritasi bagian gusi yang dikenal sebagai gingiva.

Penderita gingivitis marginalis kronis jarang merasakan nyeri atau sakit sehingga hal ini menjadi alasan utama gingivitis kronis kurang mendapat perhatian. Bila gingivitis dibiarkan maka dapat menyebabkan peradangan pada jaringan sekitar yang lebih parah.

Untuk mengatasi gingivitis, ajarkan si kecil untuk mempraktikan beberapa aksi berikut:

1. Rajin Menyikat Gigi

Kapan si Kecil Harus Mulai Menyikat Gigi?

Menyikat gigi yang baik adalah dua kali sehari pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur. Ini akan mencegah radang gusi dan menjaga mulut tetap sehat. Sikatlah gigi dari arah gusi ke gigi sehingga area dekat garis gusi atau pertemuan antara gigi dan gusi tempat melekatnya plak juga bisa tersikat

Artikel lainnya: Tips Mencegah Radang Gusi Saat Puasa

2. Berkunjung ke Dokter Gigi

Kunjungi dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk membersihkan karang gigi serta mendapatkan pemeriksaan dan perawatan gigi secara menyeluruh.

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Tips atasi anak yang tak suka makan buah dan sayur. (Foto: Pixabay

Buah dan sayur dapat menstimulasi produksi air liur yang berguna karena mempunyai efek self cleansing terhadap plak yang merupakan penyebab utama penyakit gusi.

Untuk membantu menjaga kesehatan gusi, bagi anak diatas 6 tahun dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung Zinc Citrate yang berfungsi melindungi mulut dari bakteri dan plak selama 24 jam serta menjaga kesehatan gusi. Pastikan pula, pasta gigi yang Anda pakai mengandung vitamin E, antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas.

Artikel lainnya: 4 Cara Menjaga Gusi Tetap Sehat

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM/DA)

Masalah Gigi & Mulut4 Cara Si Kecil Bebas Radang Gusi

Konsultasi Dokter Terkait