Sukses

6 makanan untuk mata sehat

6 makanan untuk mata sehat. Salah satu cara paling mudah mendapatkan mata yang sehat berasal dari asupan makanan yang bernutrisi. Umumnya, makanan yang dikenal bagus untuk kesehatan mata adalah wortel. Tapi selain itu, masih banyak makanan lain yang memil

KLIKDOKTER.com - Banyak orang yang tanpa sadar lupa kalau merawat mata itu amat penting. Padahal merawat indra penglihatan tetap sehat adalah bentuk syukur kepada Sang Pencipta.

Salah satu cara paling mudah mendapatkan mata yang sehat berasal dari asupan makanan yang bernutrisi. Umumnya, makanan yang dikenal bagus untuk kesehatan mata adalah wortel. Tapi selain itu, masih banyak makanan lain yang memiliki manfaat untuk penglihatan Anda.

Makanan yang mengandung Vitamin C dan E, Zinc, Lutein, Zeaxanthin, dan Omega-3 berperan penting untuk kesehatan mata dan dapat mencegah resiko Katarak. Selain itu, nutrisi dan vitamin ini dapat melawan gangguan mata terkait dengan usia atau AMD (Age-Related Macular Degeneration).

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik untuk mata:

  1. Bayam dan Kubis


    Kedua sayuran hijau ini mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A untuk melindungi mata dari kerusakan disebabkan oleh sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara. Cobalah mengkonsumsi sayur bayam untuk mengurangi risiko gangguan mata akibat usia.
  2. Anggur dan Stroberi


    Kedua buah ini mengandung kadar Vitamin C yang tinggi. Makan anggur dan stroberi setiap hari baik untuk mata. Buah-buahan lain seperti Pepaya, Jeruk, dan Paprika Hijau juga mengandung kadar Vitamin C yang tinggi.
  3. Kacang-kacangan


    Kacang Almon dan Pecan merupakan makanan sumber Vitamin E yang baik untuk mencegah dan memperlambat resiko katarak. Sayuran hijau juga kaya dengan Vitamin E
  4. Daging Kalkun, Kepiting, dan Tiram


    Cukup makan dua tiram setiap hari dapat memenuhi kebutuhan Zinc harian yang menjaga kesehatan retina mata Anda. Daging Kalkun juga sumber Zinc yang kaya selain daging merah, kacang, dan gandum.
  5. Ikan Salmon dan Sarden


    Daging ikan sudah dikenal kaya dengan Omega-3 yang baik untuk jantung, otak, dan mata dengan melawan inflamasi dan membantu kinerja sel tubuh agar lebih baik.
  6. Wortel dan Telur


    Adalah makanan sumber Vitamin A yang kaya untuk membantu fungsi retina mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Vitamin A juga berfungsi mengurangi resiko terjadinya Katarak dan degenerasi makular terkait usia atau AMD (Age-Related Macular Degeneration).

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](NO/DA/HM)

 

Diulas oleh:

dr. Nadia Octavia

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar