Sukses

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa. Saat bulan puasa, kita menahan lapar dan dahaga selama sebulan. Dari matahari terbit hingga terbenam kita tidak minum air agar puasa kita tidak batal. Tapi hati-hati. Alih-alih puasa lancar, tubuh kita bisa terkena dehidr

Klikdokter.com - Saat bulan puasa, kita menahan lapar dan dahaga selama sebulan. Dari matahari terbit hingga terbenam kita tidak minum air agar puasa kita tidak batal. Tapi hati-hati. Alih-alih puasa lancar, tubuh kita bisa terkena dehidrasi yang membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Normalnya, kita akan kehilangan cairan tubuh antara 1000 – 4500 ml/hari melalui keringat, BAB, atau buang air kecil. Makanya kita disarankan minum minimal 8 gelas per hari untuk menggantinya. Tapi ketika bulan puasa, kita harus menunggu waktu berbuka untuk minum air. Akibatnya, banyak orang mengalami dehidrasi ketika bulan puasa.

Bagi kesehatan tubuh, hal ini dapat menyebabkan kita lemas, letih, mata berkunang-kunang, bahkan dapat jatuh pingsan. Begitu pula bagi kesehatan kulit. Karena kekurangan cairan untuk melembabkan, kulit akan kering, bersisik, bahkan hingga pecah-pecah karena dehidrasi.

Nah, sebagai wanita, tentu kita perlu menjaga kulit tetap lembab dan segar berseri. Selama berpuasa pun, kulit bisa tetap tampil luar biasa dengan cara:

  1. Hindari suhu panas yang ekstrem


    Salah satu penyebab kulit kering adalah suhu udara yang ekstrem. Pakailah pelindung kepala dan pakaian berlengan panjang ketika Anda beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah paparan sinar matahari yang panas. Ketika mandi, jangan gunakan air panas. Air panas akan melunturkan minyak alami kulit.
  2. Rajin Sholat


    Ketika hendak melakukan sholat, Anda harus wudhu terlebih dulu. Dengan membilas kulit dengan air dingin, selain membilas kotoran yang menempel di kulit juga dapat menjaga kulit tetap segar dan bersih.
  3. Berhenti merokok dan minum kopi


    Asap rokok dan zat dalam kopi menyebabkan kulit cepat kering karena mengikat cairan dalam tubuh. Kulit jadi tak bisa menyerap dengan sempurna sehingga lekas kering. Jadi, kalau ingin kulit Anda tetap cantik, hentikan kebiasaan buruk ini.
  4. Minum banyak air putih


    Meskipun di saat berpuasa kita tidak diperbolehkan minum bukan berarti Anda tidak minum setidaknya 8 gelas sehari. Cobalah minum air secara bertahap, misalnya 4 gelas ketika sahur dan 4 gelas ketika berpuasa. Intinya, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan harian.
  5. Mandi dengan sabun yang mengandung moisturizer


    Sabun dengan kandungan moisturizer dapat melembabkan kulit dan menjaganya tetap kenyal dan sehat. Gunakan sabun yang memiliki kandungan ¼ moisturizer. Ini cukup untuk menjaga kulit tetap sehat di bulan puasa. Kelebihan lainnya adalah sabun jenis ini juga dapat digunakan untuk wajah.

Jadi, stay beautiful in Ramadhan. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF/DA/HM)


Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

Sumber:

  1. Verdier-Sevrain S, Bonte Frederic. Skin hydration: a review on its molecular mechanisms. Journal of Cosmetic Dermatoology. 2007, 6 (2): 75-82.
  2. Boyd AS, Stasko T, King LE Jr., et al. Cigarrete smoking-associated elastotic changes in the skin. J Am Acad Dermatol. 1999;41:23.
  3. Ramsing DW, Agner T. Preventive and therapeutic effects of a moisturizer. An experimental study of human skin. Acta Dermato-venereologica. 1997, 77 (5): 335-337.

 

0 Komentar

Belum ada komentar