Sukses

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa. Wanita yang sempurna itu cantik lahir batin. Ketika puasa, kecantikan batin kita akan memancar seiring dengan pahala yang dikumpulkan sebulan penuh. Tapi bukan berarti kecantikan fisik kita jadi terlupakan. Meski pua

Klikdokter.com - Wanita yang sempurna itu cantik lahir batin. Ketika puasa, kecantikan batin kita akan memancar seiring dengan pahala yang dikumpulkan sebulan penuh. Tapi bukan berarti kecantikan fisik kita jadi terlupakan. Meski puasa, kulit pun kita bisa dijaga agar tetap sehat segar berseri.

Salah satu yang dikhawatirkan ketika bulan puasa adalah kulit menjadi kusam. Ini diakibatkan karena kita menahan lapar dan dahaga selama sehari, kita kekurangan cairan serta vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit tetap sehat. Akibatnya kulit menjadi kusam, mengering, bersisik dan keriput.

Untuk mencegah hal ini terjadi, banyak wanita yang menggunakan obat-obatan kimiawi yang sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal ada cara yang lebih alami dan sederhana agar kulit cantik dipandang mata selama bulan puasa:

  1. Makan banyak sayuran dan buah-buahan


    Ketika sahur kita cenderung makan banyak agar perut terasa kenyang. Begitu pun ketika berbuka, kita makan banyak untuk membalas lapar. Untuk mencegah ini, banyaklah makan sayuran dan buah-buahan ketika sahur dan puasa. Makanlah sayur dan buah yang banyak vitamin A, C, dan E karena bermanfaat sebagai antioksidan bagi kulit. Ini untuk melindungi kulit dari partikel bebas yang berbahaya serta mengurangi kusam dan keriput.
  2. Lindungi kulit dari sinar matahari


    Sinar matahari memiliki sinar ultraviolet dan partikel bebas penyebab kulit kusam. Makanya, gunakanlah pelindung kulit dan kepala untuk melindungi kulit dari sengatan terik matahari yang mengganggu kulit.
  3. Rajin membersihkan tubuh dan wajah dengan sabun pelembab


    Ketika berpuasa, kulit cenderung kering karena berkurangnya cairan. Terlebih di saat siang hari karena panas matahari. Kulit pun kehilangan kelembaban alaminya. Solusinya adalah menggunakan sabun yang mengandung ¼ moisturizer untuk mengembalikan kelembaban kulit sehingga tetap kenyal dan tetap sehat.

Bulan puasa bukan berarti melupakan kesehatan kulit. Kita tetap bisa tampil cantik dan berseri di bulan puasa asal rajin merawat kulit agar tetap cantik dan segar luar biasa.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF)

 

jessica florencia
Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

Sumber:

  1. Gilchrest BA, Blog FB, Szabo G. Effects of Aging and Chronic Sun Eposure on Melanocytes in Human Skin. Journal of Investigative Dermatology. 1979: 73, 141-3.
  2. Ramsing DW, Agner T. Preventive and therapeutic effects of a moisturizer. An experimental study of human skin. Acta Dermato-venereologica. 1997, 77 (5): 335-337.


0 Komentar

Belum ada komentar