Sukses

10 Solusi Mengusir Jerawat Bandel

10 Solusi Mengusir Jerawat Bandel. Ketika bangun pagi dan melihat jerawat tumbuh di wajah pasti akan membuat mood Anda berantakan. Rasanya ingin memakai topeng untuk menyembunyikan jerawat. Tapi jerawat seperti gugur satu tumbuh seribu. Anda jadi kesal ka

Klikdokter.com - Ketika bangun pagi dan melihat jerawat tumbuh di wajah pasti akan membuat mood Anda berantakan. Rasanya ingin memakai topeng untuk menyembunyikan jerawat. Tapi jerawat seperti gugur satu tumbuh seribu. Anda jadi kesal karena jerawat betah tinggal di wajah.

Tenang girls. Anda tidak sendirian yang merasa jerawat adalah masalah gawat. Faktanya, masalah jerawat sudah menjadi bagian dari kehidupan remaja. Berdasarkan penelitian, 6 dari 10 remaja mengakui mengalami 10 masalah kulit seperti kulit berminyak dan jerawat.

Buat Anda yang ingin selalu tampil cantik di depan teman atau pasangan, muka jerawatan pasti sangat mempengaruhi kepercayaan diri kan? Tapi apakah Anda tahu kalau penyebab wajah jerawatan mungkin saja karena Anda cuek merawat wajah?

Pada dasarnya, penyebab jerawat adalah perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah ditambah paparan sinar matahari, debu, dan polusi. Bila wajah dibiarkan kotor tidak dibersihkan, ini akan memicu tumbuhnya jerawat.

Jadi bagaimana cara mengusir jerawat yang bandel? Berikut adalah solusi simple dan mudah dipraktikan:

  1. Rutin Membersihkan Wajah
    Bersihkan wajah 2 kali dalam sehari untuk mengangkat kulit mati, kotoran, dan minyak pada wajah. Gunakan air hangat dan sabun pembersih wajah. Jangan memakai sabun yang keras pada wajah karena dapat membuat radang dan memperparah jerawat. Setelah selesai, usapkan wajah dengan handuk secara lembut dan perlahan.

  2. Gunakan Pelembab
    Beberapa produk obat jerawat mengandung bahan-bahan yang bisa membuat kulit kering. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan pelembab kulit yang khusus untuk kulit berjerawat.

  3. Mengobati dengan Produk Penghilang Jerawat
    Untuk langkah awal, Anda bisa memakai obat jerawat yang dijual di pasaran. Pilih yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid yang dapat membunuh bakteri dan membuat kulit tidak berminyak. Tapi hati-hati dengan dosisnya. Gunakan dalam dosis yang sedikit lalu sesuaikan dosisnya dengan kondisi kulit Anda.

  4. Jangan Memakai Make-up Terlalu Tebal
    Gunakan make-up yang seperlunya bila Anda sedang berjerawat. Hindari penggunaan foundation, bedak, atau blush on karena bisa memicu timbulnya jerawat. Bila harus menggunakan make-up, gunakan produk yang aman bagi wajah dan jangan lupa untuk membersihkannya.

  5. Hati-hati Penggunaan Produk di Rambut
    Hindari penggunaan hair spray di saat Anda sedang berjerawat. Gunakan shampoo dan conditioner yang lembut oleh karena rambut berminyak dapat menambah kandungan minyak ke wajah.

  6. Jangan Menyentuh Wajah
    Jari Anda belum tentu bersih dan bebas bakteri. Jadi kalau lagi berjerawat, hindari menyentuh wajah karena dapat menyebarkan bakteri yang menyebabkan iritasi kulit.

  7. Menghindar dari Sinar Matahari
    Sinar ultraviolet yang ada dari matahari dapat meningkatkan peradangan yang menyebabkan kulit merah. Untuk mencegahnya, selalu ingat memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih saat terpapar dengan matahari.

  8. Makanan Sehat untuk Kulit
    Dengan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta menjauhi makanan yang tinggi lemak bisa membantu mencegah jerawat muncul lagi.

  9. Rajin Olahraga
    Olahraga tak hanya baik untuk tubuh juga baik untuk kulit. Ingat untuk mandi setelah berolahraga untuk membersihkan keringat, minyak, dan kotoran yang masih menempel.

  10. Jangan Stres
    Beberapa studi ilmiah membuktikan ada hubungan antara jerawat dan stress. Jadi nikmati hidupmu kalau mau bebas jerawat.

Masih ada yang ingin Anda tanyakan seputar kulit berjerawat? Silakan ajukan pertanyaan Anda melalui fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF/HM)

 


Diulas oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com 

0 Komentar

Belum ada komentar